Ini Daftar Password yang Sering Dipakai oleh Pengguna Internet

Menjadi salah satu orang terpenting di jagad media sosial ternyata tidak membuat akun pribadi seseorang aman dari ancaman hacker. Justru sebaliknya, para hacker berlomba-lomba untuk membobol akun mereka sebagai cara pembuktian diri. Sebab ketika seseorang berhasil membobol akun media sosial milik orang terkenal, itu artinya kemampuan mereka sudah semakin meningkat dan bisa dimasukkan ke dalam daftar panjang portofolio berisi sejarah hack mereka. Waduh, kalau mereka saja tidak aman, apalagi akun sosial media kita, ya! Buruan deh baca artikel ini dengan internet kabel di rumah untuk cari tahu selengkapnya!

Salah satu orang terkenal yang akun media sosial pribadinya pernah menjadi korban para hacker ini adalah Mark Zuckerberg, founder sekaligus pendiri media sosial Facebook. Zuckerberg yang konon telah menggelontorkan dana

Ransomware WannaCry

hingga triliunan rupiah untuk melindungi kerahasiaan Facebook, ternyata lalai dan membuat akun pribadinya termasuk twitter dan juga pinterest dibobol hacker.

Sekitar awal tahun 2016, sekelompok hacker yang menamakan dirinya sebagai OurMine Team mengambil alih akun milik Mark Zuckerberg. Mereka juga mengonfirmasi bahwa suami Priscilla Chan ini menggunakan password yang sederhana dan sama sekali tidak rumit. Tentu saja ini membuat para pengguna internet sangat terkejut, sebab mereka pikir orang sekelas Zuckerberg akan memilih password yang rumit agar tidak mudah dibajak. Zuckerberg malah memilih ‘dadada’ sebagai password-nya dan sialnya hampir seluruh media sosialnya menggunakan password yang sama. Konon, OurMine Team berhasil mendapatkan password milik Zuckerberg melalui password dump LinkedIn pada tahun 2012 lalu.

Menyusul pembobolan akun pribadi milik Mark Zuckerberg, banyak media yang kemudian merilis password apa saja yang seharusnya dihindari agar akun media sosial tidak mudah dibobol oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Berikut adalah daftarnya:

  1. 123456
  2. password
  3. 12345678
  4. qwerty
  5. 12345
  6. 123456789
  7. football
  8. 1234
  9. 1234567
  10. baseball

Seperti yang bisa dilihat dari daftar di atas, menggunakan kombinasi angka secara berturut-turut sangatlah tidak disarankan mengingat password itu menempati posisi teratas pada daftar password yang sering digunakan. Memang sih mudah diingat, tapi kalau membahayakan kenapa harus dipilih? Sebaiknya pilih password yang rumit namun memiliki arti personal agar mudah diingat (tapi jangan tanggal lahir, ya!). Semoga membantu.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: