Ingin Memulai Bisnis Kuliner? Ketahui Dulu 4 Tips Ini!

Di era modern seperti ini, siapa saja mungkin menjadi pebisnis sukses. Banyak kesempatan bisnis yang bisa dicoba, asalkan ada tekad dan kemauan untuk memulainya. Modal yang sedikit pun bukan menjadi alasan untuk mundur dari dunia perbisnisan. Berbagai macam cara bisa dicoba, termasuk mengajukan pinjaman uang. Namun demikian, Anda pun tetap harus jeli dalam memerhatikan hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak terjebak dalam masalah keuangan di kemudian hari. Pilih lembaga keuangan yang kredibel untuk menjadi partner Anda dalam berbisnis.

Nah, salah satu jenis usaha yang tidak pernah redup adalah bisnis kuliner. Ya, mengingat setiap orang membutuhkan

makanan

makanan

makanan, bisnis kuliner memang selalu berkembang. Bahkan dengan modal yang kecil saja, keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 100%. Namun, banyaknya orang yang menggeluti bisnis makanan membuat persaingan dalam bisnis ini ketat. Oleh karena itu, sebelum Anda memulai bisnis kuliner, wajib ketahui dulu bagaimana kiat-kiatnya!

  • Modal usaha

Hal pertama yang perlu disiapkan tentunya adalah modal. Jika memang Anda memiliki modal yang cukup banyak tetaplah gunakan secara bijak dan kelola dengan baik. Namun, jika ternyata modal Anda tidak mencukupi, masih ada banyak cara. Misalnya seperti mencari rekanan bisnis, meminjam dana usaha ke koperasi atau bank. Jika Anda memutuskan untuk meminjam modal dari lembaga keuangan, pastikan Anda membuat laporan keuangan secara teliti. Mulai dari pemasukan, pengeluaran dan aset usaha yang dimiliki.

  • Lokasi

Lokasi usaha juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Kebanyakan orang tentu ingin memilih lokasi strategis. Namun biasanya biaya sewa atau beli tempat di lokasi yang strategis tentu lebih tinggi. Selain itu, persaingan bisnisnya pun cukup tinggi. Namun di lokasi yang sepi, Anda juga harus lebih pandai melakukan pemasaran agar banyak pembeli yang tertarik dengan produk Anda. Karena itu, pandai-pandailah untuk memilih lokasi usaha. Pertimbangkan segala kekurangan dan kelebihannya.

  • Ketahui segmentasi pasar

Segmentasi pasar merupakan pembagian suatu pasar menjadi kelompok pembeli yang berbeda dan memiliki kebutuhan, karakteristik yang berbeda pula tentunya. Ketahui seperti apa behaviour konsumen yang ada di sekitar lokasi penjualan. Misalnya jika dekat universitas, Anda bisa membuat kafe yang cocok untuk nongkrong dan mengerjakan tugas.

  • Buat sesuatu yang berbeda

Jika Anda memilih untuk membuka bisnis kuliner makanan yang sudah banyak, misalnya seperti nasi goreng, bubur ayam, dan lain-lain, maka sangat penting untuk membuat sesuatu yang berbeda dari bisnis Anda. Faktor pembeda ini dikenal dengan istilah USP (Unique Selling Proposition). Tanpa faktor ini, Anda akan kesulitan untuk bersaing dalam dunia bisnis.

Nah, itu dia beberapa tips penting yang perlu Anda ketahui sebelum membuka bisnis kuliner. Semoga berhasil! (Rima)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: