Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa menghasilkan uang? Kesibukan di dunia kuliah tidak boleh membatasi kita untuk mencari penghasilan sampingan, lho. Banyak kok hal-hal yang bisa kita lakukan selama kuliah yang bisa menjadi ladang emas untuk pundi-pundi penghasilan kita. Mulai dari yang murah dan tidak memerlukan biaya, sampai yang membutuhkan modal cukup besar. Tapi, jangan sedih kalau kamu belum punya modal. Kita bisa mengajukan pinjaman modal usaha kecil kepada bank atau bahkan kepada orang tua, kok.

Nah, ada ide bisnis apa saja ya untuk mahasiswa?

  1. Buka kursus private. Mengajar private merupakan salah satu usaha sampingan yang sering dilakoni oleh para mahasiswa. Selain karena jam kerja yang cukup fleksibel (bisa mengikuti waktu luang kita atau mengikuti keinginan siswa sesuai kesepakatan), bayarannya pun lumayan karena biasanya kita dibayar perjam. Mata
    ide bisnis

    ide bisnis

    pelajaran yang ingin kita ajarkan pun bisa diatur sesuai dengan keahlian. Misalnya, kita mahir berbahasa Inggris. Maka mata pelajaran bahasa Inggris bisa menjadi mata pelajaran khusus yang menjadi keahlian ajar kita.

  2. Jualan barang-barang kolpri alias koleksi pribadi. Coba deh tengok lemari baju dan lemari buku kamu. Numpuk kan? Daripada sumpek, mendingan dijadikan lahan bisnis! Buat garage sale kecil-kecilan atau buka bisnis online shop yang secara khusus menjual barang bekas. Sekarang ini, bisnis berjualan barang bekas sedang hip, Semakin cermat membaca peluang, maka semakin kecil juga modal yang harus kita dibutuhkan.
  3. Jualan Pulsa. Tidak bisa disangkal, pulsa merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena hampir semua orang membutuhkannya. Apalagi, modal yang dibutuhkan tidak begitu besar dan bisa langsung dijalankan. Tapi, kita juga harus berhati-hati nih dengan teman dekat atau bahkan keluarga. Biasanya, mereka suka menunda-nunda waktu pembayaran pulsanya. Untuk itu, perlu strategi tertentu agar modal kamu tidak habis hanya karena menalangi pembayaran pulsa mereka.
  4. Jasa edit makalah atau skripsi. Ide bisnis ini cocok banget nih buat kamu yang kuliah di jurusan sastra. Manfaatkan kepiawaian kamu dalam mengolah bahasa menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca dengan menawarkan jasa edit makalah atau skripsi. Fee-nya lumayan lho karena kamu bisa menetapkannya per halaman atau bahkan berdasarkan tingkat kesulitannya. Serunya lagi, kamu bisa mendapatkan uang sekaligus mendalami ejaan.

Nah, mana usaha yang mau kamu coba? Atau kamu punya ide bisnis lain? Misalnya saja berjualan kue sebagai usaha di saat menjelang lebaran, boleh saja! Selamat mencoba! (TR)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: