Ibu Hamil Jangan Konsumsi Makanan Ini

Selama hamil, sudah sepatutnya Ibu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda yang kaya akan kandungan nutrisi. Selain memenuhi asupan nutrisi, dengan mengonsumsi makanan sehat ini dapat membantu perkembangan janin di dalam rahim. Untuk menunjang pemenuhan nutrisi tersebut Ibu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti misalnya daging non lemak, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, gandum utuh, dan masih banyak yang lainnya.

Pastikan, saat hamil ini Ibu tidak mengonsumsi makanan yang bisa membahayakan janin, sebab dapat menyebabkan

larangan untuk ibu hamil

larangan untuk ibu hamil

terganggunya tumbuh kembang janin dan bahkan berisiko janin terlahir cacat. Maka dari itu, jangan konsumsi makanan ini ketika hamil. Simak daftarnya!

  1. Hati. Seperti yang kita ketahui, hati memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan sering dijadikan sebagai pendamping MPASI untuk bayi yang sudah berusia di atas enam bulan. Akan tetapi, ibu hamil sebaiknya lebih waspada dalam mengonsumsinya. Sebab sama halnya seperti konsumsi kopi pada ibu hamil yang bisa memberi efek positif dan negatif, hati juga bisabermanfaat namun juga bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Apalagi jika hati dikonsumsi dalam kondisi tidak benar-benar matang.
  2. Telur mentah. Bagi ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dicampurkan dengan telur mentah ataupun memakan telur mentah itu sendiri. Kenapa? Ini sangat berbahaya untuk kesehatan, sebab telur mentah berisiko mengandung bakteri Salmonella yang mana dapat mengakibatkan Ibu diare dan muntah.
  3. Ikan bermercuri tinggi. Konsumsi ikan selama hamil sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mencukupi kebutuhan nutrisi. Namun, baiknya ibu hamil tidak mengonsumsi ikan yang mengandung mercuri tinggi seperti ikan todak dan ikan hiu. Lantaran, ikan jenis ini bisa membahayakan proses perkembangan saraf janin dalam kandungan.
  4. Sayuran mentah. Memang, mengonsumsi sayuran sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Akan tetapi, pastikan sayuran yang dikonsumsi bukan dalam keadaan masih mentah. Takutnya, sayuran mentah tersebut masih terkandung bakteri jahat, dimana dapat membahayakan janin di dalam rahim bilamana bakteri itu masuk ke tubuh.

Selain makanan di atas, baiknya Ibu tidak mengonsumsi daging mentah, produk susu tanpa proses pasteurisasi, dan minuman keras selama hamil sebab sangat berbahaya untuk janin. –SH–

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: