Hemat Bahan Bakar dengan Cara Ini

Pemilik kendaraan bermotor pastinya selalu memimpikan kendaraan yang hemat bahan bakar agar tidak perlu boros untuk mengisi bensin. Untuk itu, banyak yang kemudian menerapkan trik menyetir ramah lingkungan yang digadang-gadang mampu menghemat bahan bakar. Tidak hanya itu, menggunakan oli dari distributor oli idemitsu juga bisa mengurangi beban mesin sehingga mengemudi terasa lebih nyaman. Nah, untuk kalian yang ingin berhemat bahan bakar, silakan coba beberapa trik berikut ini:

  1. Pilih bahan bakar yang tepat. Jangan menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kendaraan. Misalnya, kebutuhan oktan pada mobil adalah RON92, tetapi yang digunakan malah oktan RON88. Hal ini
    oli mobil

    oli mobil

    tentunya tidak akan memberikan dampak positif. Sebab mesin tidak akan berjalan maksimal dan juga tidak efisien untuk penggunaan sehari-hari. Tidak boleh pula memberikan oktan yang lebih tinggi dari kebutuhan karena ketika oktan lebih tinggi dari kebutuhan, ada bahan bakar yang tidak terbakar atau terbuang lewat knalpot. Baiknya, gunakan bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi.

  2. Tekanan ban. Ban dengan diameter tertentu memiliki kinerja yang lebih baik. Ketika diameternya mengecil atau kempes, ban akan menyeret sehingga tapaknya akan lebih banyak menempel di bagian aspal. Hal ini akan membuat beban mesin bertambah sehingga membuat mobil menjadi lebih boros bensin. Akan tetapi, patut diingat juga bahwa ban mobil dengan diameter yang besar juga tidak baik karena tidak cocok dengan
  3. Jangan sampai Kapasitas mobil yang cukup besar membuat pengemudi tanpa sadar sering membuatnya overload. Entah itu dengan membawa penumpang lebih banyak dari seharusnya atau membawa barang-barang lain yang tidak penting. Ketika mobil overload, maka laju mobil pun akan terhambat. Oleh sebab itu, jangan sampai mobil kelebihan beban karena akan membuat pemakaian bahan bakar lebih boros.
  4. Rajin servis. Hal terakhir yang harus dilakukan jika ingin hemat bahan bakar adalah dengan rajin melakukan servis. Patut diingat bahwa oli dan komponen mesin lainnya harus diganti secara berkala. Dengan demikian, performa mesin bisa tetap berjalan maksimal. Tidak hanya itu, waspada penggunaan oli palsu untuk mobil kesayangan juga harus dilakukan. Sebab kualitas oli yang tidak bagus apalagi palsu akan membuat fungsinya sebagai pelumas menjadi hilang. Akibatnya bahan bakar akan menjadi boros dan komponen mesin menjadi cepat rusak.

Empat hal di atas merupakan beberapa hal yang bisa dicoba untuk membantu menghemat bahan bakar. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Leave a Reply

%d bloggers like this: