Hati-hati dengan Risiko Ini Saat Membuat Asuransi Pendidikan Unit Link!

Dewasa ini, memang sudah cukup banyak orang tua yang membuatkan asuransi pendidikan unit link untuk sang buah hati mereka. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, adanya asuransi santunan pendidikan ini, maka dana pendidikan anak pun akan terjamin mulai dari mereka memasuki bangku sekolah hingga perguruan tinggi sekalipun orang tua mereka meninggal dunia sebelum mereka bersekolah. Maka tidak heran jika ini menjadi salah satu investasi yang dipilih untuk dana pendidikan anak.

Meskipun demikian, ketika berencana membuat asuransi pendidikan unit link ini, maka perhatikan dulu beberapa

asuransi pendidikan

asuransi pendidikan

risiko yang mungkin saja muncul pada saat Anda membuatnya.

  1. Asuransi pendidikan unit link tidak sama dengan menabung. Melansir dari com, produk asuransi pendidikan jenis ini tidak bisa disamakan dengan tabungan rencana pendidikan karena memiliki prinsip dan profil yang sangat jauh berbeda. Di mana, di dalam asuransi pendidikan unit link ini sendiri terdapat sarana investasi yang nantinya bisa digunakan untuk biaya pendidikan anak di kemudian hari. Namun demikian, sayangnya investasi yang diberikan ini bersifat untung rugi sehingga harus pintar memilih asuransi pendidikan yang diambil.
  2. Masa pembayaran premi asuransi terbilang cukup lama. Saat pertama kali membuat asuransi, biasanya pihak asuransi pun hanya memberitahu jika masa pembayaran untuk asuransi tersebut sama saja dengan asuransi lainnya. Akan tetapi, sayangnya pembayaran premi pada asuransi jenis ini jauh lebih lama dibanding dengan produk asuransi lain karena pembayaran premi bergantung pada return Jika investasi menurun, maka pembayaran pun tentu akan terus berlanjut.
  3. Instrumen investasi bisa dibilang tidak jelas. Sayangnya, instrumen investasi yang ditawarkan oleh asuransi pendidikan unit link ini terbilang kurang jelas. Yang mana, jika nilai investasi mengalami penurunan atau perusahaan asuransinya ditimpa musibah, maka tidak menutup kemungkinan nantinya dana yang disetorkan pada Anda bisa berkurang atau malah habis. Tentu, kalau melihat kondisi ini, Anda pasti akan merugi, bukan?
  4. Potongan perbulan jumlahnya lumayan besar. Yang paling merugikan, potongan perbulan dari asuransi ini bisa dibilang cukup besar, lagi-lagi ini karena dana yang diasuransikan dialihkan ke berbagai investasi yang mungkin kurang dibutuhkan nantinya. Untuk itu, saat membuat asuransi pendidikan ini tanyakan betul mengenai potongan ini pada pihak asuransi.

Itulah beberapa risiko yang diwajib diketahui! Semoga bermanfaat! –SH–

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: