Hara Hachi Bu ( 腹八分) Untuk Mengecilkan Perut

Banyak tips mengecilkan perut yang sudah banyak  kita ketahui bahkan mungkin sudah kita coba. Hal penting pada tips mengecilkan perut adalah bukan pada hasil yang dicapai, tetapi pada kesehatan kita sendiri. Akan sangat sia-sia bila Anda dapat mengecilkan perut tetapi membahayakan kesehatan.

Salah satu tips mengecilkan perut adalah mengatur pola makan kita dengan sehat dan benar,  berikut ini mungkin dapat Anda coba,

hara hachi bu

hara hachi bu

yaitu pola makan dengan konsep hara hachi bu.

hara hachi bu ( 腹八分), memiliki arti : 腹 (hara) adalah perut,八 (hachi)) adalah delapan, dan 分 (bun) adalah bagian. hara hachi bu. ( 腹八分) secara garis besar memiliki makna untuk makan hanya sampai 80 persen saja tidak sampai benar-benar kenyang. Selain itu juga makanan yang dikonsumsi diseleksi. Hanya memakan sayuran segar, biji-bijian, buah, kacang kedelai dan olahannya, serta ikan. Untuk daging merah, yang dikonsumsipun dibatasi jumlahnya.

Konsep hara hachi bu ( 腹八分) ini sangat baik untuk proses diet / mencegah kegemukan tanpa merasa lapar dikarenakan perut butuh 20 menit untuk memberi sinyal pada otak jika perut sudah kenyang. Jadi, makan 80 persen menghindari perut dari rasa super kenyang.

Secara garis besar untuk konsep hara hachi bu ( 腹八分) ini adalah :

1.Memperhatikan porsi makan, yaitu hanya makan sampai 80% dari kapasitas perut

2.Konsumsi makanan yang memiliki kalori yang rendah, misalnya : berbagai jenis iklan,sayur-sayuran segar, biji-bijian yang kaya akan serat

3.Melakukan aktifitas fisik yang rutin

4.Menjaga badan agar tetap bugar. Perhatikan indeks massa tubuh tetap pada angka normal.

Beberapa manfaat dari  hara hachi bu ( 腹八分):

1.           Mencegah penuaan dini

2.           Mengurangi resiko penyakit jantung

3.           Meminimalisir produksi radikal bebas, radikal bebas ini adalah molekul yang mengotori sel yang digerakkan oleh metabolisme tubuh ketika makanan diolah menjadi energi.

Penduduk Jepang yang melakukan pola hidup seperti ini kebanyakan adalah di daerah Okinawa, tidak heran jika Okinawa juga terkenal dengan warganya yang berumur panjang, lebih dari 100 tahun. Selain itu, di Okinawa juga jumlah penderita penyakit jantung 80 persen lebih rendah. Angka penderita stroke juga jauh dibawah Amerika. Mayoritas penduduk Okinawa mempunyai kadar kolesterol dibawah 180, kadar homocystein rendah dan tekanan darah yang normal. Jumlah penderita kankerpun 50-80 persen lebih rendah, khususnya untuk kanker payudara, kanker ovarium hingga kanker prostat.

Gaya hidup sehat tentunya membuat kualitas hidup lebih baik.

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply