Hal yang Perlu Dilakukan untuk Menjaga Keamanan Data Perusahaan

Masing-masing perusahaan pasti memiliki informasi private yang perlu dilindungi. Jika informasi ini tersebar, bisa jadi merugikan pihak perusahaan atau bahkan bisa membuatnya collapse. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan beberapa hal untuk menjaga keamanan data perusahaan agar tidak rusak, hilang atau tersebar. Mulai dari memanfaatkan keuntungan menggunakan teknologi cloud seperti hybrid cloud, mengamankan jaringan, mem-backup data bisa Anda lakukan. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

  • Mengamankan Jaringan

Hal yang paling utama untuk menjaga kemaanan data perusahaan adalah dengan mengamankan jaringan. Semua

hyperconverged

hyperconverged

perusahaan yang menggunakan jaringan wireless harus memastikan bahwa mereka sudah mengamankan jaringan. Tentukanlah data apa aja yang mesti dilindungi, berapa besar biaya untuk mengamankan jaringan dan pastikan Anda memilih orang yang terpecaya untuk menjalankan langkah-langkah pengamanan jaringan.

  • Gunakan Cloud Computing

Menurut penjelasan dari binus.ac.id, cloud computing merupakan teknologi yang membiarkan kita unuk mengelola data dan aplikasi dengan menggunakan internet. Dengan menggunakan cloud computing, Anda akan lebih mudah untuk mengelola dan memantau keamanan data. Salah satu jenis cloud yang dianjurkan adalah hybrid cloud yang memadukan public dan private cloud.

  • Hati-hati Saat Mengakses Website

Berkembangnya teknologi ternyata juga berjalan lurus dengan berkembangnya cybercrime. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati saat mengakses website. Hindarilah untuk mengklik website yang mencurigakan karena bisa menjadi salah satu spot website phishing. Phishing merupakan teknik umum yang digunakan oleh hacker untuk mencuri identitas. Karenanya, baik Anda maupun para karyawan, harus lebih jeli dalam memeriksa mana URL yang asli atau palsu.

  • Backup

Last but not least, mem-backup data juga diperlukan agar data perusahaan tetap aman. Terkadang ada risiko yang tidak bisa Anda prediksi, seperti bencana alam yang merenggut semua data perusahaan misalnya. Karena itu, selalu backup data secara rutin ke tempat yang aman untuk meminimalisir risiko jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Itu dia empat hal mendasar  yang bisa Anda lakukan untuk melindungi data perusahaan Anda. Pastikan Anda memilih layanan atau orang yang terpercaya untuk menjaga keamanan data perusahaan tersebut! (Rima)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: