Hal yang Mempengaruhi Kecepatan Koneksi Internet

Internet merupakan suatu hal yang semakin sering dibutuhkan masyarakat di berbagai daerah, termasuk juga kota Cikampek. Masyarakat kota Cikampek yang membutuhkan jaringan Internet Cikampek semakin bertambah jumlahnya. Karena itulah semakin banyak provider internet yang menyediakan jasa penyediaan jaringan internet untuk masyarakat Cikampek.

Memilih provider internet yang memiliki kualitas jaringan terbaik dan koneksi tercepat bukanlah hal yang mudah. Ketika seseorang mengatakan bahwa provider internet “A” adalah yang terbaik dan tercepat, hal itu belum tentu terjadi pada kita. Bisa saja provider internet “B” yang dianggap koneksinya lambat, justru memiliki koneksi yang cepat di lokasi kita berada. Bahkan walaupun kita berada dilokasi yang sama dan menggunakan provider yang sama sekalipun, terkadang kita akan mendapatkan kecepatan koneksi yang berbeda.

Hal diatas dapat terjadi karena kecepatan koneksi internet tidak hanya dipengaruhi oleh lokasi serta provider yang digunakan saja, tetapi ada

koneksi internet

koneksi internet

beberapa hal lain yang mempengaruhinya, antara lain:

  • Lokasi dan Cuaca

Untuk provider yang menggunakan sinyal, lokasi kita berada dengan lokasi BTS akan sangat berpengaruh. Semakin jauh lokasi kita dengan BTS maka koneksi yang dapat kita terima juga akan semakin buruk. Selain itu terkadang cuaca juga akan mempengaruhi sinyal yang dapat kita terima, ketika cuaca sedang tidak bagus maka koneksi biasanya akan terganggu.

  • Jenis Paket Internet

Beberapa provider internet memberikan paket unlimited ataupun paket kuota pada pelanggannya. Untuk paket unlimited sendiri biasanya akan diberikan batasan jika pemakaian sudah mencapai sekian GB maka koneksinya akan diperlambat.

  • Spesifikasi Gadget

Handphone ataupun komputer yang digunakan akan berpengaruh pada kemampuan menangkap sinyal yang dikirimkan oleh provider. Semakin tinggi spesifikasi gadget yang digunakan maka akan semakin baik pula koneksi internet yang akan diterima.

  • Jenis Koneksi

Ada beberapa jenis koneksi internet yang umum digunakan di indonesia, yaitu:

  • Dial up: Sambungan internet melalui telepon rumah dengan modem biasa
  • ADSL : Sambungan internet melalui telepon rumah ke modem ADSL, hasilnya lebih baik dari Dial Up
  • GPRS : Sambungan internet melalui modem, handphone atau modem handphone
  • Wireless : Sambungan internet melalui jaringan wireless yang dikirimkan oleh ISP (Internet Service Provider), koneksinya bergantung pada kecepatan yang diberikan ISP
  • Sistem komputer

Operating System yang digunakan serta keamanan komputer atau handphone yang digunakan dari berbagai virus, trojan, worm dan sebagainya juga akan mempengaruhi koneksi internet.

  • Browser

Ada banyak sekali pilihan browser yang dapat digunakan saat mengakses internet, pilihlah browser yang dirasa paling tepat dan membantu mempercepat koneksi internet. Beberapa browser yang umum digunakan yaitu Internet Explore, Google Chrome dan Mozilla Firefox.

 

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: