Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Monitor LCD dan Proyektor

Proyektor untuk HPBerbeda dengan laptop, pembeli harus memperhatikan monitor LCD saat mereka akan membeli seperangkat personal computer atau PC. Semakin bagus monitor LCD, semakin bagus pula gambar yang akan dihasilkan. Namun, banyak pembaca yang belum tahu hal apa yang harus diperhatikan saat membeli monitor LCD dan proyektor. Baca informasi dibawah ini dengan cermat.

Resolusi LCD dan Proyektor

Saat ini banyak sekali resolusi yang beredar di pasaran nasional maupun internasional. Berbagai produsen baik nasional maupun internasional, mulai menawarkan layar monitor LCD dari ukuran 15 inch sampai 30 inch. Para pembeli juga harus tahu kebutuhan mereka dalam membeli monitor LCD. LCD yang digunakan untuk bekerja maupun keperluan belajar berada di kisaran 15 sampai 23 inch. Sedangkan, para gamers sering menggunakan layar LCD berukuran 24 sampai 30 inch. LCD berukuran 24 sampai 30 biasanya berada pada angka resolusi 1920 x 1080 piksel atau lebih dikenal dengan 1080p.

Bagaimana dengan proyektor? Resolusi memiliki peran penting dalam menghasilkan gambar. Semakin tinggi resolusi semakin tajam juga gambar yang akan dihasilkan. Proyektor yang beredar di pasaran digolongkan dalam empat jenis resolusi yang ada.

  1. Super Video Graphic Array (SVGA) adalah salah satu tipe proyektor yang memiliki resolusi 800 x 600 atau 480.000 pixels.
  2. Extended Graphic Array (XGA) memiliki resolusi sebesar 786.432 pixels atau 1024 x  768.
  3. Super Extended Graphic Array(SXGA) memiliki resolusi 1280 x 1024 (1.310.720 pixels)
  4. Ultra Extended Graphics Array (UXGA) memiliki resolusi sebesar 1620 x 1200 pixels atau 1.920.000 pixels.
  5. Rata-rata orang menggunakan proyektor dengan tujuan untuk presentasi menggunakan SVGA atau XGA.

Beli Monitor LCD

Contrast Ratio

Contrast ratio memiliki fungsi untuk mengukur bagian paling terang dan tingkatan warna putih, bagian paling gelap dan berwarna hitam yang dihasilkan suatu proyektor. Dalam penjelasan yang simpel, contrast ratio akan menunjukkan perbedaan intensitas cahaya antara hitam dan putih.

Proyektor yang ada di pasaran saat ini menawarkan tingkatan ratio yang berbeda-beda pula. Hal ini disesuaikan oleh kebutuhan dan kegunaan proyektor. Namun, pada artikel ini, kami hanya akan menampilkan dua tingkatan contrast ratio yang sering digunakan oleh masyarakat luas. Sekolah dan kantor adalah tipe yang pertama. Di setiap sekolah dan kantor hampir di seluruh dunia menggunakan proyektor dengan contrast ratio sebesar 300:1 sampai 400:1.

Hal ini berkaitan dengan penggunaan proyektor yang tidak terlalu tinggi dan dalam ruangan yang tidak terlalu besar. Sedangkan proyektor dengan contrast ratio sebesar 1000:1 sampai 2000:1 sering digunakan pada home theater, bioskop atau acara nonton bareng dengan ukuran layar yang besar. Proyektor dengan contrast layar ini akan menghasilkan detail gambar yang baik dan bagus. Pastikan pembeli juga membeli pada kisaran harga proyektor berkualitas.

Bagaimana dengan contrast ratio pada layar LCD? Cara kerja baik LCD dan proyektor sebenarnya sama. Semakin besar angka contrast ratio yang dimiliki layar LCD, semakin baik pula detail yang dihasilkan oleh layar LCD tersebut. Saat ini dengan animasi yang semakin bagus, kami menyarankan agar calon pembeli membeli layar dengan nilai contrast ratio minimal di angka 1000:1. Perlu diperhatikan juga bahwa semakin tinggi contrast ratio, semakin tinggi pula harga monitor lcd.

Saat ini pabrik mulai memproduksi layar LCD dengan teknologi terbaru bernama Dinamic Contrast Ratio. Melihat fungsi utama dari contrast ratio adalah menentukan gelap dan terang suatu monitor, teknologi diatas sangatlah membantu pembeli. Teknologi diatas dapat menyesuaikan dengan keadaan gelap ataupun terang suatu ruangan secara otomatis.

Fitur

Carilah fitur baik pada layar LCD ataupun proyektor yang menguntungkan dan memudahkan pembeli. Pada proyektor carilah fitur DVD player, wireless setting atau mengatur fokus dan wide screen dengan mudah.

Sedangkan pada monitor LCD, pembeli harus memilih fitur yang dapat menggunakan kabel HDMI ataupun kabel proyektor. Selain itu pastikan, monitor LCD mudah untuk di setting atau atur.

Proyektor dan layar LCD sangat memberikan kenyamanan bagi mata pembaca semua. Pastikan jangan sampai salah memilih proyektor dan LCD setelah memperoleh informasi diatas.

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: