Hal Penting Saat Membuka Usaha Baru

Bagi beberapa orang yang memiliki jiwa wirausaha, pastinya tidak akan betah jika harus bekerja pada orang lain. Namun, banyak dari jiwa pengusaha tersebut yang merasa takut untuk memulai untuk membuka sebuah usaha, meskipun mereka sudah memiliki ide-ide usaha apa yang ingin dijalankan. Ketakutan itu antara lain adalah merasa takut jika bisnis yang mereka jalankan mengalami kegagalan. Saat seperti inilah peran Konsultan Bisnis dibutuhkan, karena konsultan bisnis inilah yang akan membantu seorang pengusaha untuk membangun sebuah strategy agar tidak mengalami kegagalan, atau setidaknya meminimalis resiko.

Pada dasarnya, tidak ada usaha yang tidak pernah mengalami kegagalan. Bahkan, beberapa perusahaan besar di Indonesiapun pernah mengalami kegagalan sebelum akhirnya berhasil menjadi sebuah perusahaan besar yang dikenal oleh banyak orang. Namun, jika kita tidak pernah berusaha untuk mencoba, kita tidak akan pernah tahu apakah ide mengenai sebuah bisnis yang ingin kita jalankan ini akan memberi keuntungan atau tidak. Karena itulah, jangan pernah takut untuk mencoba.

Saat akan memulai bisnis baru, mungkin kita akan mengalami berbagai tantangan. Apalagi, jika kita membuka usaha dengan tingkat kompetitor yang tinggi. Lalu, apakah artinya kita tidak akan berhasil? Tentu saja tidak. Sebelum membuka usaha untuk melawan tingkat kompetitor yang tinggi, ada baiknya jika kita menentukan terlebih dahulu strategi yang akan kita gunakan melawan kompetitor tersebut. Kita bisa melakukan Analisa SWOT untuk menentukan strategi, namun jika kita merasa bingung strategi apa yang tepat kita bisa meminta bantuan pada konsultan bisnis.

Jika kita sudah siap dengan strategi serta berbagai hal lain yang dibutuhkan untuk membuka usaha, maka saatnya untuk memulai usaha kita. Saat usaha sudah dibuka, kita harus mulai mempelajari dan menganalisa apakah strategi yang kita jalankan telah efektif dan memberi keuntungan pada kita atau tidak. Perhatikan pula hal-hal kecil yang mungkin menghambat usaha kita, dan baru terlihat saat usaha sudah berjalan (tidak termasuk dalam analisa SWOT). Kita bisa merubah strategi setelah melakukan berbagai analisa mengenai efektifitas strategi yang lama.

Paling penting adalah, jangan mudah menyerah. Ketika mengalami kegagalan, lakukan analisa penyebab kegagalan. Jangan langsung menyerah ketika mengalami kegagalan, dan ingatlah bahwa tidak semua usaha dapat memberikan keuntungan dalam waktu singkat. Berjalan perlahan namun stabil atau semakin meningkat akan lebih baik daripada mendapat banyak keuntungan di awal namun semakin hari semakin menurun

Leave a Reply

%d bloggers like this: