Gangguan Pernafasan Screen Apnea

Penyakit pernafasan yang biasanya diawali dengan gangguan pernafasan bisa dialami siapa saja, bahkan walaupun orang itu rajin berolahraga sekalipun, karena tanpa disadari gangguan pernafasan disebabkan oleh banyak faktor yang bahkan tidak kita sadari misalnya saja terlalu lama didepan komputer.

Hampir semua pekerjaan kini harus dilakukan didepan layar computer ataupun laptop, terutama dikota-kota besar. Tenyata berada didepan layar dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan gangguan pernafasan. Para ahli mulai memberikan peringatan terhadap semua orang yang terlalu sering menggunakan komputer. Penelitian mengatakan bahwa adanya sebuah kelainan yang bisa

screen apnea

screen apnea

disebut ‘screen apnea’. Jika apnea tidur adalah gangguan pernapasan ketika seseorang tidur, maka screen apnea adalah gangguan pernapasan ketika seseorang menggunakan computer mereka.

Fakta mengejutkan yang ditemukan adalah bahwa bahwa 80 persen orang yang mengetik di komputer tidak bernapas dengan benar. Hal ini tentu saja dapat berbahaya untuk kesehatan mereka. Adam Clark Estes, seorang blogger dari Gizmodo mengakui screen apnea ini yang pernah ia alami.

 

Estes mengakui bahwa dia mudah sekali merasa pusing jika terlalu fokus dan berkonsentrasi pada teks atau tulisan yang penting di komputernya. Mengambil napas yang dalam menjadi salah satu cara untuk meredakannya, namun rasa pusing itu kembali lagi ketika dia mulai fokus pada tulisan di layar komputernya.

 

Sebutan untuk screen apnea sendiri pertama kali digunakan oleh Linda Stone, pimpinan Apple. Linda sendiri menjelaskan bahwa ketika orang mengetik atau membaca tulisan di layar komputer, banyak orang yang tidak bernapas dengan baik dan benar tanpa disadari. Kita cenderung sekali menahan napas, mengurangi aliran oksigen ke otak sehingga mempengaruhi sistem saraf simpatik.

 

Oleh karena hal ini, pupil kita akan lebih membesar, detak jantung akan menjadi  berdetak semakin cepat, dan mengakibatkan besarnya volume pembuluh darah pada wajah, namun ada juga yang akan mengalami rasa kram pada kaki atau berkeringat secara berlebihan, seperti dilansir oleh Genius Beauty (03/12).

 

Karena karena itu Stone menyarankan untuk setiap pengguna komputer aktif untuk selalu mengontrol pernafasan mereka ketika sedang bekerja. Jika perlu, mereka secara teratur memeriksa detak jantung mereka agar terhindar dari screen apnea

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: