Fitur Keselamatan yang Mudah Ditemukan Pada Mobil Sekarang Ini

Untuk mengurangi angka kecelakaan bagi pengendara mobil, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai dari meningkatkan kewaspadaan pengemudi ketika berkendara, melengkapi diri dengan asuransi murah untuk kecelakaan, memahami peraturan yang berlaku di jalan raya, hingga memasang berbagai fitur keselamatan pada kendaraan Anda.

Sekarang ini, ada banyak sekali fitur keselamatan yang bisa dipasang di mobil. Bahkan beberapa di antaranya mungkin sudah terpasang di kendaraan roda empat milik Anda. Simak daftarnya berikut ini:

  1. Airbag merupakan kantung udara yang disematkan di bagian dashboard dan beberapa bagian mobil lainnya,
    keselamatan dalam mobil

    keselamatan dalam mobil

    untuk mengurangi benturan ketika terjadi kecelakaan. Dalam keadaan normal, airbag ini tidak akan terlihat karena posisinya tersembunyi. Saat terjadi kecelakaan dan benturan keras, barulah airbag ini terbuka untuk melindungi penumpang dan pengemudi agar tetap aman.

  2. Automatic Emergency Braking (AEB). Fitur ini hampir bisa ditemukan pada semua mobil yang beredar di Indonesia sekarang ini. Sebagai negara padat penduduk, jalan raya di Indonesia memang sama sekali tak bisa dipisahkan dengan pejalan kaki. Akhirnya, dibuatlah sebuah fitur yang bisa membantu mengurangi kecelakaan di jalan raya antara kendaraan bermotor dan pejalan kaki. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan pengereman otomatis ketika ada objek yang tiba-tiba melintas ketika kendaraan sedang dalam kecepatan tinggi.
  3. Vehicle Stability Control. Tak semua mobil dilengkapi dengan fitur ini, namun tak ada salahnya untuk memasang fitur ini di kendaraan Anda. Sesuai dengan namanya, fitur ini menjaga agar mobil Anda tetap stabil ketika menikung atau berubah jalur. Seperti yang diketahui, salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya adalah kehilangan kendali ketika menikung sehingga menabrak kendaraan lain. Adanya fitur ini tentu akan membantu untuk mengurangi kecelakaan dengan menjaga kestabilan mobil yang dikendarai.
  4. Blind Spot Monitoring (BSM). Fitur keselamatan lain yang disematkan dalam kendaraan roda empat adalah BSM atau Blind Spot Monitoring. Fitur ini membantu mengurangi risiko tabrakan karena mampu menangkap keberadaan objek melalui gelombang radio. Seringkali, pengemudi kesulitan untuk melihat keberadaan kendaraan lain yang ada di dekat mobil, namun tak tertangkap oleh kaca spion alias masuk ke zona blind spot. Atas alasan inilah diciptakan fitur BSM. Ketika ada kendaraan yang berada di dekat mobil, lampu indikator akan menyala untuk memberikan peringatan kepada pengemudi.

Itu dia beberapa fitur keselamatan yang bisa ditemui pada mobil sekarang ini. Selain melengkapi kendaraan dengan fitur keselamatan, Anda juga bisa mulai mengenali unsur kecelakaan diri agar tidak salah paham ketika mengajukan klaim nantinya. Semoga bermanfaat!

 

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: