Faktor Penentu Interval Penggantian Oli

Para pengguna motor pastinya sudah memahami bahwa mesin motor kita membutuhkan penggantian oli yang harus dilakukan tepat waktu. Oli merupakan komponen penting yang berfungsi untuk membersihkan permukaan silinder, melindungi gesekan antar komponen, dan juga menjadi pendingin mesin kendaraan, apalagi jika motor yang kita gunakan adalah motor matic yang cepat panas. Dengan demikian, oli motor matic harus diganti secara berkala agar mesin kendaraan kita tetap prima.

penggantian oli motor matic

penggantian oli motor matic

Namun demikian, untuk mengetahui kapan penggantian oli motor matic tidaklah bisa dipastikan secara tepat. Sebab ada hal-hal yang menyebabkan oli motor harus diganti karena panjang usia oli setiap motor berbeda. Interval penggantian oli tidak bisa disamakan antara motor yang satu dengan motor lainnya. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menjadi faktor penentu interval penggantian oli motor kita.

  • Jarak tempuh kendaraan. Banyak pengguna sepeda motor yang menjadikan kilometer sebagai patokan untuk mengganti mesin oli motornya. Semakin jauh jarak tempuh yang sudah dilalui oleh motor kita, maka kita pun harus semakin sering mengganti oli motor kita. Karena jarak tempuh yang jauh akan membuat oli terus bekerja dan lebih cepat cair (tidak lagi kental), dan jika oli sudah cair maka akan mempengaruhi kenyamanan saat
  • Kebiasaan berkendara. Jika kita selalu terjebak macet di jalan setiap harinya, maka kita pun harus sering-sering mengecek keadaan oli. Usia oli motor kita akan semakin memendek jika kita sering mengerem. Selain kondisi jalanan yang macet , kondisi jalanan yang kosong dan membuat kita bisa mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi juga akan mempengaruhi kondisi oli pada motor kita.

Selain hal-hal di atas, kita juga bisa melakukan pengecekan singkat untuk mengetahui kapan oli motor harus diganti. Caranya adalah dengan memperhatikan ‘kebiasaan’ motor kita. Jika kita sering mengemudikan motor, tentunya kita akan paham pada tanda-tanda perubahan yang terasa saat mengemudi seperti terdengar bunyi-bunyi aneh, tarikan yang berkurang, dan juga mesin yang tidak lagi terasa nyaman. Nah, jika motor kita sudah mengeluarkan tanda-tanda seperti di atas, artinya motor kita sudah siap untuk diganti olinya. (Tr)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: