Diet Ala Vegetarian

Cara menurunkan berat badan dengan cepat sangat banyak, mulai dari obat-obatan herbal, olahraga, dan tentunya berbagai jenis diet yang biasanya dilakukan. Salah satu jenis diet yang sudah umum adalah diet vegetarian.

Vegetarian adalah sebutan buat orang yang memilih tidak mengonsumsi makanan dari produk hewani beserta olahannya. hasil dari diet vegetarian terbukti  sehat dan baik dilakukan. Salah satunya, karena pola makan yang berfokus pada sayuran. Juga termasuk  beberapa bahan makanan yang baik, seperti, buah-buahan, beras-berasan utuh, protein tanpa lemak,  polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Menurut Janel Ovrut, MR, RD, LND. , ahli diet penganut diet vegetarian makanan nabati secara alami memiliki kandungan yang rendah kalori dan lemak, namun tinggi  volume air dan serat. Faktor-faktor ini membantu mengurangi berat badan.

Ada beberapa jenis vegetarian, antara lain:

1. Vegan

Vegan adalah sebutan untuk vegetarian murni. Vegan tidak mengonsumsi daging hingga termasuk produk dari hewan seperti susu, telur, bahkan madu dan hasil olahannya. Vegan juga biasanya menghindari pemakaian animal products seperti kain sutera dan

Diet vegetarian

Diet vegetarian

bahan wol.

2. Raw Vegetarian

Raw vegetarian hanya mengonsumsi sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, yang tidak diolah atau dimasak. Menurut kelompok ini, makanan mentah lebih sehat karena masih mengandung banyak vitamin dan mineral.

3. Frutarian

Tipe vegetarian ini hanya mengonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan, terutama yang jatuh sendiri dari pohon. Meski harus mengambil atau memetik buah dari pohon, setidaknya itu dilakukan tanpa merusak atau mematikan si pohon.

4. Ovo-Lacto Vegetarian

Kelompok ini memang tidak mengonsumsi makanan dari hewani. Namun, mereka masih memakan produk harian seperti telur (ovo) dan susu (lacto). Ada juga kelompok ovo vegetarian yang hanya makan telur dan lacto vegetarian yang hanya minum susu di luar makanan veggie-nya.

5. Pescatarian

Meski tidak memakan makanan dari produk hewani, pescartarian memilih ikan-ikanan sebagai pengganti daging untuk konsumsi harian. Seorang pescatarian biasanya juga mengonsumsi susu dan telur.

6. Transitional Vegetarian

Transitional Vegetarian  ini tidak mengonsumsi daging hanya pada saat-saat tertentu. Biasanya karena mereka mengalami kesulitan menjadi vegetarian murni sehingga melakukannya secara bertahap. Masuk juga dalam kelompok ini, social vegetarian. Kelompok ini menjadi vegetarian hanya untuk menghormati teman yang memang vegetarian.

Seluruh diet vegetarian, meskipun ada yang masih mengandung telur dan produk susu, seringkali memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang lebih sedikit, dan lebih banyak karbohidrat kompleks, serat, magnesium, asam folat, vitamin C, dan E, serta karotenoid dibandingkan dengan diet yang mengandung daging. Tertarik menjadi seorang vegetarian? (Mew)

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: