Dampak Menggunakan Wiper Berkualitas Buruk

Setelah menyelesaikan proses administrasi kredit mobil mandiri, banyak orang yang langsung terfokus pada modifikasi mobil untuk membuat mobilnya tampak lebih keren. Yah, untuk kamu yang membeli mobil baru, hal ini wajar saja dan bukan masalah. Sebab, mobil yang masih dalam kondisi baru biasanya masih memiliki performa yang sempurna dan komponen mobilnya juga masih berfungsi dengan baik. Namun, jika mobil yang kamu beli adalah mobil bekas, sebenarnya ada hal lain yang sebaiknya kamu utamakan daripada sekedar memodifikasi mobil, yaitu

wiper mobil

                                wiper mobil

kerja dari berbagai komponen mobil.

Yap, ada baiknya jika kamu terlebih dahulu memeriksakan kondisi mobilmu ke bengkel, untuk memastikan semua komponen masih berfungsi dengan baik, termasuk juga wiper. Komponen ini, meskipun kecil namun sangat berpengaruh pada keselamatan berkendara loh. Berikut ini, adalah beberapa akibat yang bisa timbul akibat penggunaan wiper yang berkualitas buruk:

  • Merusak kaca

Untuk yang pertama ini, mungkin tidak berbahaya bagi keselamatan berkendara. Hanya saja, dapat berdampak langsung pada tampilan mobil. Wiper bekerja dengan cara menyapu permukaan kaca mobil untuk menghilangkan air dari kaca. Jika kualitas karet wiper ini buruk, maka tidak menutup kemungkinan kaca akan tergores ketika wiper digunakan.

  • Mengganggu konsentrasi

Kualitas karet wiper yang buruk tidak hanya berisiko menimbulkan goresan saja, tetapi juga dapat menimbulkan suara yang akan membuat kamu merasa risih mendengarnya. Akibatnya, konsentrasimu saat menyetirpun bisa terganggu.

  • Menghalangi pandangan

Pada saat turun hujan, wiper adalah satu-satunya komponen mobil yang kamu harapkan untuk menjagga kaca mobil bersih dari tetesan air. Namun, jika wiper yang kamu gunakan berkualitas tidak terlalu bagus, air yang tersapu oleh wiper ini tidak maksimal. Akibatnya, akan ada sisa air yang tetap menempel dan akan menghalangi pandanganmu. Lebih parahnya lagi, jika kamu berkendara saat hujan di malam hari. Sisa air yang tidak tersapu oleh wiper ini, bisa sangat mengganggu pandanganmu ketika terkena cahaya lampu dari mobil yang berlawanan. Sebab, cahaya lampu ini akan menjadi bias dan membuatmu merasa kesulitan melihat jalan. (Vita)

Tags: , , ,

Leave a Reply