Cermat Memilih Pemanas Air

Pemanas air atau water heater (WH) sudah menjadi hal yang umum digunakan oleh sebagian besar masyarakat yang menyukai hal-hal praktis. Dengan menggunakan alat ini mereka tidak perlu repot memasak air setiap kali membutuhkan air panas untuk keperluan mandi. Alat ini sangat berguna disaat sedang musim hujan ataupun jika ada anggota keluarga yang sedang sakit dan membutuhkan air hangat untuk mandi.

Ada beberapa jenis pemanas air yang beredar di pasaran, yang membedakannya yaitu jenis tenaga yang digunakan untuk memanaskan air sekaligus kapasitas air. Tentu saja perbedaan ini juga akan berdampak pada perbedaan hasil yang akan di dapatkan dan juga berpengaruh pada harga. Karna itulah jika berminat untuk memasang alat ini ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tujuan kita membeli alat tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih saat akan menggunakan alat ini:

pemanas air

pemanas air

  • Biaya yang dikeluarkan

Saat ini sudah mulai dikenalkan WH dengan memanfaatkan panas yang keluar dari AC (Air Conditiner). Penggunaan WH jenis ini akan sangat hemat karena pemanasan air berlangsung bersamaan dengan pada saat AC dinyalakan, sehingga udara panas yang dikeluarkan oleh AC dapat bermanfaat. Namun WH ini tidak dijual, artinya bagi yang menginginkannya dapat meminta pada ahlinya untuk dirakitkan dan karena bergantung pada AC, maka disaat AC tidak dinyalakan air panas tidak akan tersedia.

Jika memasang WH tenaga AC terasa merepotkan, bisa juga memilih WH tenaga gas tanpa tangki. WH jenis ini memiliki harga jual yang paling rendah diantara yang lain serta bentuknya yang simple. Namun WH jenis ini juga punya kelemahan, yaitu satu alat hanya bisa diletakkan dalam satu kamar mandi saja selain itu pemanasannya membutuhkan waktu karena proses pemanasan terjadi pada saat alat dinyalakan.

  • Jumlah pengguna

Untuk penggunaan air panas dalam jumlah sedikit lebih baik menggunakan pemanas airĀ tankless (tanpa tangki penyimpanan) sehingga lebih hemat. Namun jika penggunanya banyak dan secara berturutan, WH dengan tangki penyimpanan akan sangat dibutuhkan. WH ini tersedia dalam beberapa jenis berdasarkan tenaga yang digunakan, yaitu gas, listrik dan surya. Keuntungannya yaitu kapanpun air panas dibutuhkan akan selalu tersedia. Namun pengguna WH ini harus siap membayar lebih mahal, karena tangki akan terus dipanaskan yang artinya baik tenaga listrik maupun gas akan terus bekerja untuk mempertahankan suhu. Untuk tenaga surya pemanasan terjadi disiang hari dan suhu akan tetap terjaga saat di simpan dalam tangki penyimpanan, sehingga biaya operasional yang dikeluarkan akan lebih hemat di banding yang lain.

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: