Cermat dalam Mempelajari Polis Asuransi

Asuransi sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup untuk masyarakat akhir-akhir ini. Masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi untuk hidup mereka, sehingga tak heran jika hampir setiap individu sudah dilindungi dengan asuransi kesehatan yang bagus. Namun demikian, sayangnya para nasabah masih malas untuk mempelajari polis asuransi. Padahal hal ini penting lho, mengingat seluruh detail asuransi yang kita beli akan tercantum di dalam polis ini. Nah, begini caranya untuk mempelajari polis asuransi:

  1. Ketahui jenis pertanggungan asuransinya. Ketika membeli asuransi, kita harus tahu jenis pertanggungan apa yang akan kita terima dan akan diberikan oleh pihak asuransi. Dalam asuransi kesehatan misalnya; kita harus tahu apa saja jenis penyakit yang akan ditanggung oleh asuransi dan lain sebagainya. Pastikan untuk membaca
    memilih asuransi

    memilih asuransi

    bagian ini dengan teliti saat mempelajari polis asuransi karena hal ini menentukan harga premi asuransi Anda.

  2. Detail pertanggungan. Nah, setelah mengetahui jenis pertanggungan asuransinya, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari detail pertanggungan. Maksudnya adalah kita harus teliti pula dalam mencari tahu detail pertanggungan yang akan kita terima. Misalnya, dalam polis tertulis kita akan menerima pertanggungan untuk risiko penyakit kanker. Akan tetapi, bagaimana detailnya? Apakah asuransi akan tetap menanggung kanker di stadium awal atau hanya di stadium akhir? Intinya, detail mengenai hal-hal yang disebutkan asuransi pada jenis pertanggungan.
  3. Klausul pengecualian. Klausul pengecualian merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan pembatalan pertanggungan. Ini pun patut dipelajari agar kita tidak salah langkah dan tanpa sadar membatalkan jenis asuransi yang sedang kita gunakan. Biasanya hal-hal yang bisa membatalkan asuransi meliputi penyalahgunaan, kejahatan, hingga tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh pemegang polis. Cermati dengan baik hal-hal apa yang bisa membatalkan asuransi dan catat baik-baik.

Dengan mempelajari tiga hal di atas, maka polis asuransi pun tidak akan terkesan rumit lagi untuk dipelajari. Sebaiknya, sebelum menandatangi kontrak, mintalah fotokopi polis ini pada pihak asuransi untuk dipelajari terlebih dahulu. Jika memungkinkan, kita juga bisa lho berdiskusi dengan petugas asuransi mengenai detail-detail yang tidak dipahami. Semoga membantu, ya!

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: