Cat Rambut Penyebab Kanker

Obat kanker dan sakit kanker menjadi berita hangat saat ini, karena tidak dapat dipungkiri penderita kanker di Indonesia sangat meningkat, bahkan dikabarkan, seprerti yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia bahwa pada tahun 2030 Indonesia akan mengalami kenaikkan penderita kanker sampai tujuh kali lipat.

Banyak faktor penyebab kanker, mulai dari makanan tidak sehat, kosmetik hingga pewarna rambut. Pewarna rambut paling santer diberitakan saat ini, karena menurut penelitian pewarnaan rambut dapat menyebabkan  kanker ovarium, tumor payudara, masalah pada kandung kemih, dan leukemia.

Pada tahun 2009, Mail Online pernah mengungkapkan bahwa perempuan yang menggunakan pewarna rambut lebih dari sembilan kali dalam setahun berisiko 60 persen menderita leukimia atau kanker darah. Setahun kemudian, Komisi Eropa melarang 22 jenis pewarna rambut karena diduga menyebabkan kanker kandung kemih.

 

Penyebab dari kanker ini adalah bahan kimia yang disebut amina sekunder. Ketika cat rambut telah diaplikasikan pada rambut, hingga menyentuh kulit kepala, artinya senyawa tersebut pun perlahan mulai menembus kulit kepala. Menetap dalam jangka waktu pendek hingga lama

 

Seiring dengan berlalunya waktu, senyawa kimia yang tergantung tersebut akan bereaksi bersamaan dengan asap tembakau dan asap kendaraan dari lingkungan yang membentuk bahan kimia beracun: N-nitrosamin, yang dapat memicu munculnya sel kanker.

Menurut Dr Emma Meredith dari Cosmetic, Toiletry & Perfumery Association, penggunaan amina sekunder sudah dilarang. Sebab dapat menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya. Sedangkan George Hammer, seorang pemilik salon kecantikan dan rambut , Urban Retreat, menyatakan, isu ini telah disembunyikan dengan rapat oleh perusahaan pembuat yang bersangkutan dengan kimia tersebut. Sebab mereka lah yang memiliki kepentingan besar dalam hal ini.

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: