Cara Menurunkan Berat Badan Sambil Bekerja di Kantor

Bekerja di belakang meja berarti kita minim melakukan kegiatan. Tidak heran banyak karyawan terutama yang bekerja di belakang meja mengalami kenaikan berat badan dalam waktu yang singkat. Kenaikan berat badan ini tentunya bisa berbahaya bagi kesehatan. Tapi kesibukan di tempat kerja kadang membuat kita tidak memiliki waktu untuk memikirkan kesehatan apalagi untuk memperhatikan berat badan. Padahal ada loh cara menurunkan berat badan yang bisa dilakukan saat kita tengah bekerja atau saat berada di kantor.

Meski berada di belakang meja, namun dengan melakukan beberapa usaha berikut kita bisa juga menurunkan berat badan. Beberapa cara tersebut di antaranya:

Naik Tangga

Bila memungkinkan, sebaiknya capai kantor kita dengan menggunakan tangga daripada dengan lift. Naik turun tangga merupakan olahraga yang baik untuk memperkuat kaki sekaligus memiliki manfaat kardiovasikuler. Karena kita mengangkat badan kita melawan gravitasi saat menaiki tangga. Agar bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan turun-naik tangga setiap saat, cobalah untuk melakukan gerakan yang sama dengan turun-naik tangga saat hendak menunggu kendaraan umum atau isi bensin.

Ganti kursi dengan exercise ball yang besar

Coba ganti kursi dengan exercise ball yang besar. Kita membutuhkan kekuatan otot utama untuk menjaga kestabilan saat duduk di atas nya. Meski memang, cara ini bisa membuat kita hilang konsentrasi saat bekerja.

Bekerja sambil berdiri

Posisi berdiri bisa meningkatkan metabolism, pembakaran kalori sekaligus membentuk otot-otot tubuh kita. Jadi cobalah untuk sesekali bekerja sambil berdiri daripada duduk saja.

Bawa makanan sendiri

Membawa makan siang sendiri dari rumah membuat kita lebih mudah untuk mengontrol bahan apa saja yang ada di dalam makanan kita. Misalnya saja kadar gula, gizi, kolesterol, hingga lemak yang ada di dalam makanan.

Jalan-jalan sekitar kantor

Setiap dua jam sekali coba tinggakan kursi kita dan luangkan waktu selama sekitar 2 hingga 10 menit untuk berjalan-jalan di sekitar kantor. Kegiatan ini bisa meningkatkan detak jantung sekaligus meningkatkan asupan oksigen dan aliran darah yang bisa membuat kita lebih segar dan meningkatkan kemampuan berpikir kita.

Olahraga di kursi

Lakukanlah olahraga ringan dengan menggunakan kursi, misalnya setiap lakukan squat, push up, menahan kaki, atau knee tucks.

Jalan atau naik sepeda ke kantor

Bila pekerjaan di kantor tidak memungkingkan kita untuk melakukan kegiatan tadi, maka lakukan kompensasi dengan berjalan atau bersepeda dari rumah ke kantor. Bila ternyata kantor kita terlalu jauh bisa juga kok dilakukan dengan cara turun di halte yang agak jauh dari kantor dan berjalan dari halte tersebut ke kantor.

Jadi, sekarang sudah tidak ada lagi alasan tidak dapat menurunkan berat badan karena tidak ada waktu dan kesibukan kantor, kan? Semoga berguna.

Leave a Reply

%d bloggers like this: