Cara Menghemat Energi Alat Berat

Sudah menjadi hal yang umum alat berat menghabiskan banyak sekali energi, baik energi listrik ataupun bahan bakar. Tergantung pada jenis alat berat yang sedang dioperasikan, apakah tipe elektrik ataukah diesel. Serta tergantung pula pada brand dari alat berat itu sendiri, misalnya saja kelebihan alat berat Komatsu yang sudah hemat energi. Semakin besar ukuran dan kemampuan suatu alat berat, maka semakin besar pula penggunaan energi yang dibutuhkan. Menghapus idle time pada alat berat, merupakan salah satu cara yang mulai banyak dilakukan oleh para pengguna alat berat untuk mengatasi masalah pemborosan energi ini.

Sayangnya, banyak operator yang sering mengabaikan masalah idle time ini saat sedang mengoperasikan alat berat. Karena itulah, mulai banyak produsen yang menambahkan teknologi limited idle time pada alat berat yang diproduksinya. Selain dari idle time ini, masih ada beberapa cara lain untuk menghemat energi pada alat berat,

Alat Berat

Alat Berat

seperti yang disebutkan dalam situs motherearthnews.com , yaitu:

  • Batasi waktu idle saat start up dan shut down

Idle time di sini, bukanlah idle time pada saat alat berat sedang dioperasikan, melainkan idle time saat proses pemanasan (start up) dan pendinginan (shut down). Alat berat yang banyak diproduksi saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan sebelumnya, termasuk juga untuk masalah ini. Saat ini, alat berat tidak membutuhkan waktu lama untuk proses pemanasan dan pendinginannya, sehingga membatasi waktu idle time untuk kedua proses ini sangatlah penting, namun juga aman bagi mesin.

  • Kurangi kecepatan mengemudi

Meskipun alat berat memiliki batas maksimal kecepatan hingga nilai tertentu, bukan berarti Anda harus memanfaatkan batas maksimal tersebut. Mengendarai alat berat dalam kecepat normal dan tidak terlalu terburu-buru dapat mempengaruhi besar energi yang digunakan.

  • Optimalkan gear up dan throttle bawah

Jangan hanya berpikir meningkatkan kemampuan mesin saja, tetapi juga harus mengetahui bagaimana pengaruh penggantian gigi terhadap konsumsi bahan bakar. Sebab, dengan mengurangi RPM mesin tanpa overloading pada ground speed , maka efisiensi bahan bakar dapat meningkat hingga 15 – 30 % pada setengah kekuatan dan 5 -15 % pada tiga per empat daya.

  • Menjaga tekanan ban

Tekanan ban yang tidak disesuaikan dengan yang dianjurkan dapat sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar, meningkat hingga mencapai 3 %. Untuk mengatasi ini, pastikan bahwa tekanan ban sesuai dengan aturan sebelum penggunaan alat berat.

  • Antisipasi kebutuhan reposisi

Memindahkan alat berat semaunya saat tidak dibutuhkan juga dapat membuat konsumsi energi semakin meningkat. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: