Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi BengkakGusi bengkak merupakan hal yang sangat mengganggu aktivitas seseorang karena dapat menimbulkan nyeri yang berlebih. Bengkakan gusi yang membesar dapat membuat benjolan dan pipi akan terlihat lebih menonjol daripada yang seharusnya. Gusi yang bengkak tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena akan semakin memperparah kondisi kesehatan mulut.

Cara mengatasi gusi bengkak seperti yang dilansir dari dokterbabe.com, dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di rumah dan lingkungan sekitar. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatas gusi bengkak :

  1. Bawang merah. Bawang merah mengandung antiseptic yang dapat membunuh kuman pada mulut. Caranya cukup mudah. Haluskan 1 siung bawang merah dengan satu sendok teh garam lalu oleskan pada bagian yang sakit.
  2. Bawang putih. Selain bawang merah, bawang putih juga dapat membantu membunuh kuman pada mulut. Sama seperti tadi, 1 siung bawang putih ditumbuk bersama satu sendok teh garam lalu oleskan pada bagian yang terasa sakit.
  3. Asam jawa. Selain digunakan sebagai bahan masakan, asam jawa juga mengandung antiseptic untuk membunuh kuman. Caranya, sangrailah biji asam jawa kemudian oleskan pada bagian gigi atau gusi yang terasa sakit.
  4. Cengkeh dapat membantu mengurangi nyeri pada gusi yang bengkak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk halus cengkeh lalu tempelkan pada bagian gigi atau gusi yang sakit.
  5. Merica atau lada. Bahan masakan yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai nyeri pada gigi. Campurkan merica dengan garam, lalu berikan sedikit air hingga berbentuk pasta, setelah itu oleskan pada bagian gigi yang sakit.
  6. Serai dapat membantu mengurangi bengkak pada gusi. Rebus 2 tangkai serai dengan segelas air hingga air dalam rebusan berkurang menjadi setengahnya. Gunakan rebusan air tersebut untuk berkumur.
  7. Kandungan antibakteri pada jahe membantu memberantas bakteri pada mulut. Parutlah 1 buah jahe dan peras airnya. Gunakan perasan air jahe tersebut untuk berkumur.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: