Cara Melakukan Service Yang Baik Dalam Permainan Bulutangkis

Service menjadi permulaan permainan yang menentukan, baik itu dalam permainan bulutangkis maupun permainan lainnya semisal bola voli.

Service yang benar akan menguntungkan buat pemain. Selain bisa menyiagakan pemain, service yang tepat terkadang juga bisa mematikan pergerakan lawan yang bisa membuat poin Anda bertambah.

Sebaliknya, service yang kurang optimal akan dimanfaatkan pemain lawan. Misalnya akan ada smash keras dari pemain lawan yang akan membuat Anda dipaksa bertahan dalam pertandingan bulutangkis.

Nah, di sini Anda akan diajak untuk mengetahui teknik dasar melakukan service dalam badminton. Setidaknya ada 3 teknik dasar yang bisa diterapkan untuk memulai pertandingan. Mau tahu?

Teknik Service Forehand Pendek

Teknik pertama ini mengedepankan ayunan bola yang tidak terlalu besar. Yang pasti, kok sebaiknya melewati net dan jatuh di bidang lawan bagian depan.

Untuk melakukannya, pemain perlu memposisikan diri dengan tepat. Gunanya adalah untuk memudahkan pemain dalam melakukan service dan kembali bergerak untuk proses antisipasi datangnya bola dari lawan.

Kurang lebih teknik forehand pendek ini bisa dilakukan dengan cara-cara seperti berikut ini!

  • Posisikan kaki kanan berada di bagian depan
  • Pegang raket dalam posisi forehand, yakni bentuk tangan seperti sedang menjabat tangan orang lain
  • Ayunkan raket untuk memukul kok dengan tekanan rendah saja, tentunya kok bisa sampai di bidang lawan serendah mungkin

Teknik Service Forehand Panjang

Selain teknik dasar forehand pendek, ada juga teknik forehand panjang / tinggi. Teknik ini dilakukan pemain untuk mengarahkan pemain lawan agar mundur.

Ketika lawan mundur, Anda bisa memaksimalkan pengembalian bola sesuai yang diinginkan. Misalnya bila shuttlecock dikembalikan lebih tinggi, Anda bisa mensmash atau melakukan dropshot.

Untuk melakukan service seperti ini, posisinya agak berbeda dengan forehand pendek. Kurang lebih posisinya adalah sebagai berikut ini.

  • Posisikan kedua kaki agar terbuka lebar menyamping sepinggang kaki
  • Posisikan dalam memegang raket yang benar, khususnya dalam kondisi forehand
  • Ayunkan raket lebih kencang untuk melewatkan kok di bagian belakang bidang lawan

Inti dari service ini adalah meletakkan kok berada di belakang lawan. Jadi, kok akan melambung tinggi melewati lawan dan jatuh di belakangnya.

Teknik Service Backhand

Teknik dasar ini mengedepankan ketenangan, menggunakan raket bagian luar untuk melewatkan kok sampai bidang permainan lawan. Untuk melakukannya, Anda bisa melihat contohnya di bawah ini.

  • Posisikan kaki kanan di bagian depan, dan kaki kiri di belakang
  • Pegang raket pada posisi backhand dimana seperti jabat tangan, hanya saja posisi ibu jari mendekati jari telunjuk
  • Pukul shuttlecock menggunakan raket bagian luar dengan tenaga yang tidak terlalu besar
  • Kembalikan posisi tubuh untuk memukul kok setelah dikembalikan lawan

Terserah mau gunakan teknik yang mana, yang pasti terapkan service yang benar untuk memulai permainan.

Berhubung Anda suka bulutangkis, lengkapi peralatan untukĀ  terus berlatih. Contohnya adalah raket dan tasnya. Dan untuk tas yang bagus, mudah diatur dan didesain sporty, tas raket yonex adalah jawabannya. Tengok langsung harga tas badminton yonex original murah di blibli.com jika tertarik untuk memilikinya.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: