Cara Ini Bisa Atasi Kebiasaan Ngemil Tidak Sehat Anak

Kebiasaan ngemil bukanlah hal yang patut diwaspadai. Bahkan hal ini sebenarnya bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Namun sayangnya, untuk anak-anak kebiasaan ini seringkali menjadi hal yang patut diwaspadai. Sebab pada usia anak-anak, mereka cenderung memilih snack yang memiliki rasa enak dibandingkan dengan snack sehat. Hal tersebut tentu saja akan memengaruhi kesehatan anak.

Sayangnya, melarang anak ngemil tidak sehat seperti ini juga bukanlah hal yang mudah. Meskipun begitu, bukan berarti tidak bisa diatasi, karena dengan beberapa cara berikut masalah ini akan dapat sedikit teratasi, yaitu:

  • Perbanyak sayuran dan protein

Pada menu makanan utama anak, perbanyak jumlah sayuran dan makanan yang mengandung protein namun dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.  Sayuran mengandung tinggi serat yang akan membuat perut anak terasa kenyang. Begitu pula dengan protein yang dapat membuat anak merasa kenyang. Bahkan ternyata, ketika tubuh

camilan anak

camilan anak

kurang protein, kita akan merasa sering lapar yang pada akhirnya meningkatkan keinginan kita untuk ngemil.

  • Konsumsi buah-buahan

Sejak anak masih kecil, kenalkan anak pada buah-buahan. Jangan hanya pada satu atau dua jenis buah saja, tapi kenalkan dengan banyak jenis buah. Biarkan anak mencoba semua buah yang membuatnya penasaran untuk mencaritahu buah apa yang menjadi kesukaannya. Buah mengandung pemanis alami dan berbagai nutrisi bermanfaat bagi tubuh, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh anak setiap hari. Namun, untuk anak yang mengalami masalah obesitas, perhatikan kandungan Indeks Glikemik yang terkandung pada buah. Sebaiknya pilihlah buah dengan Indeks Glikemik rendah seperti apel, kiwi, dan jeruk yang cocok juga digunakan sebagai cemilan untuk tetap langsing.

  • Buat camilan sendiri

Cobalah mengajak anak membuat cemilannya sendiri. Anda bisa mengajaknya membuat cemilan sehat yang cukup sederhana. Atau jika ingin membuat cemilan yang cukup rumit, Anda tetap bisa mengajak anak berpartisipasi dalam membuatnya. Meskipun mungkin anak hanya sedikit membantu, namun dengan keterlibatannya ini akan membuat anak semakin semangat dalam mengonsumsinya.

Jika sudah mengikuti tips di atas dan anak tetap tertarik untuk mencari cemilan di luar, tidak masalah. Sebab meskipun tidak sehat, namun asalkan Anda bisa membatasi anak Anda dalam mengonsumsinya, hal tersebut bukanlah masalah. Sebab anak juga butuh menikmati beragam variasi rasa. (Vita)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: