Buah yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol di dalam tubuh perlu kita jaga. Jika berlebihan, kolesterol dapat menyebabkan beberapa komplikasi karena mengendap dan menyumbat pembuluh darah sehingga menghambat peredaran darah. Akibatnya, kolesterol dapat menimbulkan penyakit komplikasi seperti stroke dan serangan jantung. Agar hal yang demikian tidak terjadi, sebaiknya kita segera mencari tahu bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi. Nah, salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat termasuk mengonsumsi buah-buahan. Di antara berbagai jenis buah yang ada, berikut terdapat daftar buah-buah yang paling baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol. Keep on reading!

  • Pepaya

Ada yang tidak suka dengan buah pepaya? Padahal pepaya memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita lho. Pepaya

buah diet

buah diet

mengandung serat yang tinggi dan nutrisi serta mineral yang beragam. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam pepaya juga dapat mencegah oksidasi kolesterol. Wah, boleh dicoba nih.

  • Alpukat

Jangan salah, lemak yang terkandung dalam buah alpukat bukanlah lemak jahat lho. Justru alpukat mengandung lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, alpukat juga memiliki serat tinggi sehingga baik untuk tubuh kita. Namun cara mengonsumsi alpukat perlu diperhatikan, jangan sampai menggunakan pemanis berlebihan.

  • Apel

“One apple a day keeps the doctor away”. Pepatah tersebut memang ada benarnya. Pasalnya, buah apel mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan kita, termasuk menurunkan kadar kolesterol. Kulit apel mengandung pektin, yaitu serat larut yang dapat berfungsi menyerap kolesterol dan membuangnya lewat sistem ekskresi berupa feses dan urin.

  • Jambu Biji

Selain rasanya yang enak, jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol. Jambu biji mengandung kalium dan serat larut yang baik untuk mengatasi kolesterol.  Sementara itu, vitamin dan antioksidannya dapat melindung jantung dari bahaya radikal bebas.

  • Jeruk

Buah jeruk juga memilki serat larut air dan kandungan d-limonene, senyawa kimia yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan menghambat kanker. Selain jeruk yang berwarna oranye, jeruk bali merah juga dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida karena dapat mencegah pembentukan plak dalam pembuluh arteri.

Meskipun reaksinya tidak secepat obat penurun kolesterol, lima jenis buah di atas bisa dikonsumsi secara rutin agar efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain bermanfaat, buah-buah di atas juga enak lho! (Rima)

Leave a Reply

%d bloggers like this: