Brown Sugar VS Palm Sugar, Apa Bedanya?

Brown sugar dan palm sugar merupakan bahan pangan yang kerap digunakan untuk membuat kue ataupun masakan dan sering kita jumpai di toko bahan kue. Namun demikian, baik brown sugar ataupun palm sugar, ternyata memiliki banyak perbedaan, lho. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Kegunaan

Kegunaan dari kedua bahan ini ternyata berbeda, brown sugar dengan aromanya yang khas karamel, cocok untuk

brown sugar

brown sugar

ditambahkan kepada kue kering, roti, kue bahas dan lain sebagainya.

Di pasaran, palm sugar sering digunakan untuk makanan tradisional dan makanan berat, seperti semur, ronde, gudeg, dan lain sebagainya. Selain itu, palm sugar juga bisa lho dicampur dalam adonan kue. Namun khusus baking, gula aren yang biasa digunakan ialah yang berbentuk bubuk. Atau yang dimasak dan dilarutkan dulu dalam air.

  1. Bahan asal

Asal brown sugar terbuat dari tebu seperti gula pasir, namun ditambahkan sirup molase sehingga warnanya menjadi coklat. Untuk palm sugar, terbuat dari nira pohon aren.

  1. Rasa

Rasa brown sugar memang tidak semanis palm sugar. Palm sugar yang memang lebih manis dan memiliki sensasi rasa pahit, membuat gula ini berbeda dengan gula lainnya. Tekstur keduanya samasama kasar karena permukaan yang tidak rata.

  1. Bentuk dan tekstur

Brown sugar memiliki bentuk hampir serupa dengan gula pasir, yaitu berbentuk kristal. Bentuknya yang kristal, berpengaruh pada teksturnya yang kasar tidak sehalus palm sugar. Sedangkan palm sugar, bentuknya seperti gula jawa, yaitu menyerupai setengah batok kelapa. Namun, palm sugar juga dijual di pasaran dalam bentuk versi bubuk atau butiran kristal.

  1. Warna

palm sugar memiliki kepadatan warna coklat yang pekat, sehingga lebih dikenal dengan gula semut. Sedangkan brown sugar warna coklatnya tidak sepekat palm sugar, namun memiliki gradasi warna coklat, dari coklat muda hingga coklat tua.

Jadi, kedua bahan ini memang memiliki ciri fisik serta kegunaan yang berbeda. Namun, siapa sangka, kedua bahan ini bisa digunakan untuk berbagai kuliner. Nah, setelah mengetahui perbedaan antara brown sugar dan palm sugar ini, maka penting pula bagi Anda untuk mengetahui beraneka macam mentega atau butter yang kerap digunakan untuk bahan pembuat adonan kue. Dengan mengetahui berbagai jenis mentega ini, tentu saat membuat kue Anda tidak akan salah memilih mentega.

Leave a Reply

%d bloggers like this: