Bolehkah Meminum Jus Setiap Hari?

Jus adalah minuman sehat yang aman untuk dikonsumsi. Bahkan ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi jus buah segar secara rutin. Dengan mengonsumsi jus untuk ibu hamil ini maka nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan akan terpenuhi.
Akan tetapi, seberapa batasan rutin yang dimaksud? Apakah aman jika jus buah ini dikonsumsi setiap hari? Baik untuk Anda yang tidak ataupun sedang mengandung.
Menurut situs klikdokter, mengonsumsi jus buah ternyata boleh dilakukan setiap hari, asalkan porsi dalam satu harinya berada dalam batas yang wajar. Selain itu, perhatikan beberapa hal berikut ini jika ingin rutin mengonsumsi

minum jus

minum jus

jus buah setiap harinya:
• Konsumsilah jus buah segar, bukan jus buah dalam kemasan. Sebab beberapa jus kemasan ini umumnya mengandung hanya sedikit sekali jus buah asli. Kandungan utama dari jus ini yaitu air dan sirup jagung yang mengandung kadar glukosa tinggi. Efeknya akan meningkatkan risiko Anda mengalami obesitas, atau bahkan diabetes. Sebaiknya konsumsi jus buah kemasan hanya saat Anda bepergian saja, karena jus buah segar memiliki ketahanan yang hanya sebentar (mudah busuk) sehingga akan sulit untuk dibawa.
• Sudah mengonsumsi jus buah segar namun masih ditambahkan dengan gula dan susu. Maka sama saja Anda akan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Sebaiknya konsumsilah jus buah segar murni tanpa ditambahkan dengan pemanis apapun. Jika Anda tidak suka rasa asam, maka pilihlah buah yang memiliki rasa manis.
• Gantilah jenis buah selama beberapa selang waktu karena setiap buah memiliki jenis nutrisi yang berbeda. Carilah informasi mengenai nutrisi dan manfaat dari mengonsumsi suatu buah tertentu dan kemudian sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.
Satu hal penting lagi yang harus Anda ketahui yaitu, meskipun Anda mengonsumsi jus buah segar tanpa tambahan pemanis sekalipun, dalam buah tetap mengandung gula dan juga kalori yang tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Disarankan untuk nmengonsumsi hanya 1 gelas jus buah segar dalam 1 hari. Perhatikan juga bahwa anak-anak memiliki batasan yang lebih sedikit dalam mengonsumsi jus buah segar dalam sehari dibandingkan dengan orang dewasa. Selain itu, bagi Anda yang sedang mengonsumsi suatu jenis obat tertentu ada baiknya tidak mengonsumsi obat bersamaan dengan jus buah. Sebab buah mengandung beberapa nutrisi yang dapat berinteraksi dengan senyawa kimia obat. (Vita)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: