Bir Lager dan Bir Ale

Bir adalah minuman beralkohol yang umumnya memiliki kadar alkohol antara 4% hingga 6%. Pada beberapa bir, kadar alkoholnya bisa mencapai 12% namun masih dalam batas aman untuk dikonsumsi selama tidak berlebihan. Bir biasanya dikonsumsi saat sedang berkumpul bersama teman, sebagai teman untuk mengobrol. Meskipun saat ini sudah ada peraturan yang melarang penjualan bir di mini market Jakarta, masyarakat tidak merasa bingung mencari tempat Jual Bir Di Mana. Alasannya, karena peraturan tersebut hanya berlaku untuk mini market, dan masyarakat masih bisa mendapatkannya di supermarket ataupun hypermarket. Masyarakat yang malas untuk pergi juga dapat melakukan pemesanan secara online.

bir lager

bir lager

Bagi para pecinta bir, mengetahui berbagai jenis bir tentu merupakan hal yang biasa dan mungkin merupakan hal yang wajib. Namun, bagi masyarakat umum mungkin masih banyak yang hanya mengetahui minuman bir tanpa mengetahui jenis-jenisnya. Jenis bir ini terbagi berdasarkan pada jenis ragi yang digunakan, serta pengaturan suhu saat proses fermentasi berlangsung. Berikut ini adalah beberapa jenis bir yang umum beredar dipasaran:

  • Lager

Jenis bir ini menggunakan ragi kualitas terbaik sehingga menghasilkan bir dengan kualitas yang terbaik dan di fermentasi pada suhu yang dingin. Suhu yang digunakan saat proses fermentasi biasanya dibawah 10OC. Kata lager, diambil dari bahasa Jerman yang artinya menyimpan. Hal ini didasarkan pada kebiasaan masyarakat dijaman dulu yang terbiasa menyimpan bir mereka di ruang bawah tanah ataupun gua yang memiliki suhu dingin, agar kesegaran bir tersebut tetap terjaga. Bir ini umumnya memiliki warna yang kuning keemasan atau pucat (pale lager, pilsner, light lager), namun ada juga yang berwarna lebih gelap (dark lager).

  • Ale

Ale merupakan bir yang diproduksi dengan ragi berkualitas bagus dan difermentasi dalam suhu yang hangat. Bir jenis ini menggunakan sari melt barley, sehingga akan didapatkan hasil yang memiliki cita rasa lebih (rasa manis dan rasa buah) dan berwarna lebih gelap. Pada beberapa jenis ale, digunakan hops untuk untuk membantu agar bir lebih awet dan dapat menutupi rasa pahil dari malt, serta mengatur rasa manis malt. Bir jenis ale dapat terbagi menjadi 4 macam, yaitu Brown ale, porter, stout, witbier. (Yv)

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: