Bingung Mau Investasi Emas? Ini Cara Tepatnya!

Berinvestasi itu penting untuk menjaga kondisi finansial agar tetap stabil. Selain membantu mengontrol keuangan, investasi juga membantu jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan biaya. Misalnya, pada suatu waktu Anda berniat untuk membuka usaha. Dengan menggunakan investasi emas, Anda tak perlu lagi repot-repot mencari pinjaman usaha. Apalagi, berinvestasi emas cenderung menguntungkan dan saat ini cukup banyak pula tempat beli emas terpercaya apabila berencana untuk menabungnya.

Namun, sebelum memulai investasi emas, ketahui dulu cara tepatnya. Nah, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membeli emas.

emas

emas

  • Bandingkan harga emas

Ada banyak tempat yang menyediakan pelayanan investasi emas. Tentunya harga yang ditawarkan masing-masing penjual berbeda. Karena itu, jangan tergesa-gesa, sebaiknya cek dulu harga emas pada tiap-tiap tempat yang terpercaya dan bandingkan secara cermat. Biasanya harga emas di tempat-tempat terpercaya seperti Antam atau Pegadaian bisa dijadikan batas atau patokan.

  • Beli emas di tempat yang terpercaya

Selain mencari harga emas yang terbaik, jangan lupa untuk memerhatikan kualitas emas. Karena itu, lebih baik Anda membeli emas dengan harga sedikit lebih mahal di tempat yang sudah terpercaya dibandingkan dengan membelinya dengan harga murah namun kualitas emas belum tentu terjamin.

  • Tentukan jenis emas

Setelah memutuskan ingin membeli emas di mana, tentukanlah jenis emas yang ingin Anda beli untuk investasi. PT Pos Indonesia menyediakan emas seberat 0,5 gram sampai dengan 50 gram. Pilihlah jenis emas yang sesuai dengan kebutuhan dan rencana investasi Anda.

  • Beli emas di waktu yang tepat

Penting untuk diingat, supaya mendapatkan keuntungan yang besar, maka Anda juga perlu memerhatikan waktu membeli emas. Usahakan untuk membeli emas di saat harganya sedang turun. Supaya tetap up to date tentang harga emas, Anda harus rajin-rajin memeriksa daftar harga. Untuk mengetahui harga emas bisa dilakukan dengan datang langsung ke toko atau melalui aplikasi yang menyediakan jual beli emas.

  • Periksa kondisi emas

Setelah membeli, Anda tetap harus memeriksa kondisi emas. Pastikan kondisi emas baik tanpa cacat atau karat. Jika tidak terlalu mengerti bagaimana cara memeriksa kualitas emas, maka sebaiknya tanyakan kepada teman atau orang yang ahli.

  • Simpan emas di tempat aman

Cara penyimpanan emas juga perlu diperhatikan. Alih-alih untung, Anda bisa jadi rugi karena menyimpan emas di tempat yang kurang aman. Anda bisa menyimpannya di rumah dalam brankas baja atau menggunakan jasa penyewaan kotak penyimpanan harta berharga seperti safe deposit box (SDB). (Source: moneysmart.id)

Semoga membantu! (Rima)

Leave a Reply

%d bloggers like this: