Bikin Cepat Rusak, Ini Kesalahan Mencuci Pakaian yang Perlu Dihindari!

Sering merasa baju casual wanita yang Anda gunakan tidak tahan lama? Eits, jangan salahkan kualitas atau bahan pakaian dulu. Sebab, banyak orang yang kurang mengetahui cara mencuci pakaian yang tepat. Padahal, beberapa jenis pakaian perlu dirawat dan dicuci dengan cara tertentu agar tidak mudah rusak. Mungkin saja Anda juga melakukan kesalahan yang sama selama ini. Coba intip beberapa kesalahan mencuci pakaian yang mungkin Anda

merawat pakaian

merawat pakaian

lakukan berikut ini!

  • Mencuci menggunakan mesin cuci

Loh, memangnya apa yang salah dengan mencuci pakaian dengan mesin cuci? Bukannya memang seharusnya begitu? Ya, namun pada jenis pakaian tertentu, mencuci menggunakan mesin cuci perlu dihindari. Misalnya saja seperti pakaian berbahan kulit, sutera, rajut, suede, dan yang memiliki banyak ornamen. Untuk pakaian yang biasanya ditandai dengan label “dry clean” ini, perawatan ekstra sangat dibutuhkan. Sebaiknya cuci pakaian tersebut dengan tangan dan keringkan dengan cara tradisional.

 

  • Menuang detergen atau pemutirh terlalu banyak

Detergen sebenarnya memiliki sifat yang keras. Karena itu, Anda harus menggunakannya dalam takaran yang tepat. Jika tidak, ada kemungkinan detergen justru membuat warna pakaian pudar, terutama pada kain batik. Sama halnya dengan pemutih, jika terlalu banyak digunakan bisa membuat pakaian mudah pudar. Selain itu, busa berlebih juga bisa menyebabkan kotoran dari pakaian yang seharusnya terbilas justru terjebak di sela-sela dan meninggalkan residu.

 

  • Menggosok pakaian terlalu keras

Terkadang ada noda yang menempel dan sulit untuk dihilangkan, makanya kita sering menggosok pakaian sekeras mungkin. Padahal cara ini hanya akan membuat pakaian jadi cepat pudar dan bisa merusak serta kain. Dan buruknya, noda justru jadi semakin susah hilang.

 

  • Tidak mengebaskan pakaian sebelum dijemur

Tentunya setelah dicuci, pakaian akan berkerut. Jika tidak dikebaskan terlebih dahulu sebelum menjemur pakaian, maka kerutan itu akan tetap bertahan dan membuat pakaian jadi sulit rapi saat disetrika. Ketika tidak mudah licin saat disetrika, biasanya kita akan menaikkan suhu setrika. Akibatnya suhunya menjadi terlalu panas dan dapat merusak pakaian.

Jadi, hindarilah kesalahan mencuci pakaian di atas mulai dari sekarang ya! (Rima)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: