Bijak Dalam Dunia Maya

Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di Asia, seperti yang dikemukaan oleh Sudaryatmo, ketua yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada tribunnews.com.

Pengguna internet di Indonesia sendiri kini mencapai sekitar 55 juta orang, mengalami kenaikan sebesar 30,9 persen dibandinkan tahun lalu. Tidak heran memang karena kini internet ada dimana-mana, mulai dari internet rumah dengan modem atau tanpa modem sampai internet kantor yang kini sangat krusial keberadaannya.

internet rumah

internet rumah

Penggunaan internet rumah ataupun jaringan internet dimanpun yang meningkat sayangnya tidak dibarengi kesadaran masyarakat dalam menggunakan internet dengan  bijak. Lihat saja beberapa kasus penipuan, penculikan yang disebabkan oleh akun sosial yang tak bertanggung jawab. Oleh karena itu penggunaan internet rumah maupun dikantor harus di gunakan secara bijaksana terutama bila berkaitan dengan sosial media yang sedang sangat booming sekarang ini ataupun penggunaan chatting online.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan dalam berinteraksi/menggunakan internet rumah/jaringan internet dalam berinteraksi .

1. Ingat bahwa apapun yang Anda tulis, sistemnya selalu realtime , beberapa bahkan tidak dapat dihapus bisa Anda melakukan chatting online. Artinya, sebelum mengetik/posting suatu hal, sebaiknya pikir kembali apakah itu akan menjadi suatu masalah ke depannya atau tidak.

2. Jangan publikasikan informasi yang sifatnya personal. Seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, atau data pribadi lainnya secara umum dan mendetail. Apalagi bila ternyata akun sosial media Anda dapat dilihat oleh semua orang.

3. Jangan umbar kegiatan sehari-hari Anda. Seperti mau ke mana Anda hari ini dan aktivitas pribadi lainnya. Karena bisa saja informasi yang Anda anggap sepele ini membuka peluang kejahatan.

4. Untuk lebih amannya,  pakailah nickname (nama panggilan/inisial) bila Anda merasa tidak nyaman.
5. Jika ada seseorang yang menurut Anda menganggu, sebaiknya langsung blokir dan jangan direspon.
6. Hindarilah ruang pembicaraan yang topik pembicaraannya membahas seputar seks. Hal ini membuka peluang pada pelecehatan hingga kejahatan.

7. Protect akun sosial media Anda bila tidak ingin semua orang di seluruh dunia mengetahui mengenai Anda.

8. Publish foto/gambar yang sopan dan tidak merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Selamat menjelajahi dunia baru secara online dengan bijaksana. (Mew)

Tips Indonesia

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: