Bermain di KidZania Mengajarkan Anak Menghormati Profesi Orang Lain

KidZania sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang berusia 2-16 tahun. Mengapa? Karena taman bermain anak di Jakarta ini berbeda dengan tempat bermain pada umumnya. KidZania tidak hanya mengedepankan hiburan tapi juga mengedepankan unsur pendidikan. Di KidZania, anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa seperti dokter, pilot, juru masak, dan lain-lain. Menariknya, bukan hanya profesi bergengsi saja yang ada di KidZania tapi juga ada beberapa profesi yang kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Padahal, semua profesi sebenarnya sama baiknya, tergantung tiap-tiap orang yang menjalankan. Nah, di KidZania, anak-anak bisa mencoba memerankan profesi yang kerap dipandang sebelah mata dan belajar untuk menghormati pekerjaan-

window washing

window washing

pekerjaan tersebut. Berikut ini dua contoh profesi yang bisa diperankan oleh anak-anak di KidZania:

  • Menyemir sepatu agar lebih bersih dan indah

Tahukah Anda kalau menyemir sepatu sudah dilakukan sebelum tahun 1900? Orang-orang terdahulu biasa memoles sepatu boot dengan pasta yang terbuat dari abu, lilin, dan lemak. Nah, kini menyemir sepatu sudah lebih mudah dilakukan karena sudah terdapat penyemir sepatu khusus. Bekerja sama dengan Kiwi, KidZania mendirikan establishment Shoe Care dan mengizinkan anak-anak untuk mencoba menyemir sepatu atau menjadi pelanggan. Di sini, anak-anak bisa mempelajari teknik membersihkan sepatu dengan benar dan membuat orang-orang berjalan dengan percaya diri dengan tampilan sepatu yang bersih dan indah.

 

  • Membersihkan jendela untuk pemandangan yang lebih indah

Untuk mempertahankan kebersihan jendela di gedung-gedung pencakar langit, diperlukan petugas pembersih kaca dan operator gondola. Kedua profesi ini seharusnya tidak dipandang sebelah mata karena baik pembersih kaca dan operator gondola rela menanggung risiko yang besar demi menyelesaikan tugasnya. Salah satu brand pembersih kaca, yaitu Cling, bekerja sama dengan KidZania untuk memperkenalkan pekerjaan tersebut kepada anak-anak. Di establishment ini, anak-anak bisa mengetahui teknik untuk membersihkan jendela dan mempraktikkannya di jendela replika gedung dengan menggunakan alat keselamatan. Selain menantang dan juga menyenangkan, anak-anak bisa lebih peduli akan kebersihan lingkungan dan dapat menghormati jasa profesi pembersih kaca dan operator gondola.

Selain kedua profesi di atas, masih ada lagi beberapa profesi lain yang sebenarnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan memerankan profesi-profesi tersebut, anak-anak bisa tumbuh menjadi anak yang penuh rasa kepedulian dan bisa lebih menghargai jasa orang lain. Selamat bermain di KidZania! (Rima)

Leave a Reply