Berlibur ke Paris? Waspadai Copet dengan Melakukan 5 Hal Ini!

Siapa yang tidak setuju kalau Paris merupakan tempat wisata yang dipenuhi dengan daya tarik. Mulai dari museum, monumen, restoran, hotel, hingga pantai di Paris memiliki suasana yang istimewa dan romantis. Namun, sebelum berlibur ke Paris, pastikan Anda sudah mempersiapkan asuransi perjalanan ke luar negeri yang memberikan proteksi secara luas. Apalagi, Paris terkenal dengan kota yang rawan akan copet. Jadi, untuk berjaga-jaga sebaiknya pilih jenis asuransi perjalanan yang dapat melindungi barang bawaan Anda. Selain memilih asuransi yang tepat,

aman di luar negeri

aman di luar negeri

penting juga untuk melakukan hal-hal di bawah ini agar Anda bisa menjalani liburan dengan seru dan menyenangkan:

  • Jangan menaruh banyak uang di dompet

Membawa terlalu banyak uang dan meletakannya di dompet hanya akan menjadikan Anda sebagai sasaran empuk para copet. Jika Anda memang memerlukan banyak uang tunai, maka jangan letakan semuanya di dompet. Bagilah uang tersebut dan letakan di tas, kantong jaket, atau tempat lain yang aman untuk berjaga-jaga. Setidaknya kalau memang kurang beruntung dan dompet Anda berpindah tangan, Anda masih memiliki uang cadangan yang Anda simpan di tempat berbeda.

  • Siapkan tas kecil untuk membawa keperluan

Karcis metro, peta, atau buku wisata merupakan jenis barang yang akan sering Anda keluarkan. Sebaiknya, siapkanlah tas kecil seperti tas pinggang agar Anda bisa dengan praktis mengambil barang-barang tersebut. Jadi, tak perlu ribet mengubek-ubek barang di tas lagi. Biasanya saat sesorang sedang kebingungan mencari barang di tas, di situlah para pencopet akan beraksi.

  • Letakan ransel di bagian depan badan

Jika Anda menggunakan tas punggung atau tas ransel, usahakanlah untuk membawanya di depan tubuh Anda. Dengan begitu, pencopet akan lebih sulit untuk mencuri barang di tas Anda. Begitu juga dengan dompet, letakanlah selalu di kantong bagian depan.

  • Jangan menggunakan ponsel di metro

Para copet, terutama yang masih muda, sering kali merampas dompet atau smartphone langsung dari tangan korban kemudian lari dengan cepat meninggalkan metro sebelum pintu tertutup. Karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan ponsel di keramaian. Kalau memang perlu mengeluarkan ponsel, genggamlah sekuat mungkin.

  • Jangan mudah percaya

Pencopet memiliki banyak modus untuk merampas harta Anda. Bahkan terkadang trik ini banyak yang tidak disadari oleh korban. Oleh sebab itu, jangan mudah percaya jika ada seseorang yang meminta Anda untuk menandatangani petisi dan menyumbangkan donasi. Biasanya hal ini terjadi di sekitar menara Eiffel dan Montmartre. Mereka akan membujuk Anda untuk memberikan sumbangan dan mengatakan bahwa orang lain juga telah menyumbang dengan jumlah yang besar. Hal ini biasanya hanya merupakan tipu daya pencopet untuk mendapatkan uang Anda.

Bagi Anda yang belum pernah ke Paris, mungkin rasanya sulit dipercaya jika di kota yang Indah ini tersebar banyak kriminal seperti copet. Meski demikian, bukan berarti Anda harus merasa waswas setiap Anda menjelajahi sudut kota Paris. Tetaplah nikmati liburan Anda. Asalkan menjaga diri dan barang-barang dengan baik, pasti Anda akan aman dari para pencopet!

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: