Berkenalan dengan Bakteri Baik Lactobacillus Rhamnosus

Bakteri Lactobasillus. Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu bakteri Lactobacillus. Lactobacillus Rhamnosus adalah bakteri yang pada awalnya dianggap sebagai subspecies dari bakteri Lactobacillus Casei, tetapi banyak penelitian genetic yang menemukan bahwa bakteri tersebut bisa dijadikan untuk menjadi spesies tersendiri. Bakteri Lactobacillus sendiri merupakan bakteri baik dan tangguh. Bakteri ini mampu bertahan dari asam empedu dan asam lambung, serta diklaim dapat menjelajah saluran pencernaan untuk menyeimbangkan mikloflora usus. Bakteri Lactobacillus Rhamnosus telah terbukti bermanfaat dalam pencegahan diare pada anak-anak. Bakteri baik ini juga dapat menurunkan resiko infeksi saluran pernafasan pada anak-anak. Bakteri Lactobacillus Rhamnosus telah dipatenkan oleh Sherwood Gorbach dan Barry Goldin pada 1985. Banyak sekali penelitian yang telah mengungkapkan manfaat Lactobacillus Rhamnosus bagi kesehatan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Bakteri Baik Lactobacillus Rhamnosus

(Sumber Gambar : Nestle Dancow)

Menemukan Bakteri Lactobacillus Rhamnosus

Menemukan bakteri Lactobacillus Rhamnosus tidaklah sulit. Bakteri baik ini dapat Bunda temukan di beberapa produk probiotik, tetapi yang paling mudah dalam menemukan bakteri Lactobacillus ini adalah pada produk susu dan yoghurt yang berkualitas. Karena hal ini, jika anak-anak mengkonsumsi susu atau yoghurt yang berkualitas, maka kandungan bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus akan membantu Bunda untuk melindungi buah hati kesayangan langsung dari dalam tubuh.  Bakteri Lactobacillus Rhamnosus bisa membantuk Bunda dalam mencegah berbagai macam penyakit pencernaan yang bisa menyerang si kecil.

Manfaat Bakteri Lactobacillus Rhamnosus Bagi Tubuh Si Buah Hati

Manfaat  yang Bunda bisa didapatkan dari bakteri Lactobacillus Rhamnosus sangat banyak, diantaranya :

  • Efektif untuk mengobati penyakit diare pada anak-anak yang disebabkan oleh virus. Anak-anak yang mengalami penyakit diare akibat virus seringkali akan lebih cepat sembuh jika dilawan dengan bakteri Lactobacillus.
  • Mengobati dan mencegah Ezcema (pembengkakan pada kulit) pada bayi dan anak-anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Kombinasi antara Lactobacillus Reuteri dan Lactobacillus Rhamnosus dapat mengurangi gejala Eczema pada anak berusia satu hingga tiga belas tahun.
  • Mengobati iritasi usus.
  • Mengobati dan mencegah penyakit radang usus pada anak-anak.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan si Kecil dengan Memanfaatkan Bakteri Lactobacillus Rhamnosus

Dengan manfaat yang sangat banyak, tentunya Bunda ingin si kecil juga dilindungi oleh bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus tadi. Banyak cara mudah yang bisa Bunda lakukan, salah satunya dengan memberikan produk susu berkualitas tinggi untuk si kecil. Susu berkualitas tinggi tersebut biasanya sudah menyertakan bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus di dalam kandungannya. Dengan masuknya Lactobacillus Rhamnosus tersebut ke dalam tubuh si kecil, maka bisa dipastikan si kecil terlindungi dari banyak penyakit, terutama penyakit yang menyerang pencernaan.

Menjaga pencernaan si kecil tentunya menjadi salah satu prioritas utama untuk Bunda. Beberapa cara menjaga kesehatan pencernaan si kecil, antara lain :

  • Penuhi kebutuhan air mineral

Bunda harus memastikan bahwa air mineral yang dikonsumsi oleh si kecil berasal dari mata air alami dan telah melewati sistem penyaringan berkualitas tinggi. Air mineral yang berasal dari mata air alami tersebut juga mengandung beberapa bakteri yang sangat baik untuk pencernaan anak.

  • Hindari makan secara berlebihan

Tentunya Bunda akan lebih bahagia melihat si kecil makan dengan lahap. Tetapi tetap harus berhati-hati Bunda, jangan sampai anak terlalu banyak makan dan menyebabkan fungsi pencernaan bekerja melebihi kapasitasnya. Jika pencernaan dipaksa bekerja melebihi kapasitasnya, maka akan menyebabkan banyak penyakit, termasuk peradangan pada pencernaannya.

  • Asupan probiotik yang cukup

Bunda juga harus tahu bahwa tidak semua bakteri itu jahat. Ada banyak juga bakteri baik yang bermanfaat melindungi si kecil dari berbagai penyakit. Salah satu bakteri tersebut adalah bakteri Lactobacillus Rhamnosus. Bakteri baik ini bisa didapatkan dengan mengkosumsi produk susu berkualitas tinggi.

Memiliki buah hati yang lincah, aktif, dan sehat tentu menjadi dambaan kita semua. Dengan mengkonsumsi susu berkualitas yang mengandung bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus, sang buah hati jadi mendapat perlindungan dan pencegahan terhadap berbagai penyakit dari dalam tubuh. Yuk bersama bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus kita cegah berbagai penyakit!

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: