Berburu Makanan Khas Buka Puasa di Surabaya

Mengunjungi Surabaya ketika Bulan Puasa berati Anda tidak bisa melewati makanan khas masyarakat di daerah ini. Cobalah luangkan waktu Anda keluar dari hotel di Surabaya tempat Anda menginap dan mengunjungi daerah yang sering dikunjungi masyarakat untuk berbuka puasa khas ibukota Jawa Timur ini.

Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh warga Surabaya untuk berbuka puasa adalah kawasan religi Ampel. Di tempat ini Anda akan menemukan berbagai jenis makanan khas berbuka masyarakat Surabaya di bulan Ramadhan. Mulai dari martabak, pukis, surabi, lumpia, dan jajana pasar lainnya bisa Anda temukan puluhan stand penjual makanan di kawasan ini.

kue puasa

kue puasa

Salah satu makanana khas yang menjadi ikon tempat ini adalah Kue Talam Ebi. Makanan sejenis bubur yang dioleh dari bahan tepung terigu ini banyak sekali dijual menjelang buka puasa dan hanya bisa ditemukan di salah satu kios di kawasan religi tersebut.

Kue Talam Ebi sendiri sepintas tidak berbeda dari bubur pada umumnya. Namun, keunikannya terletak pada bentuknya yang besar dengan diameter 30 cm dan dilengkapi dengan taburan abon serta serat daging. Makanan ini sudah dikenal oleh masyarakat Surabaya sejak 22 tahun yang lalu. Konon kue ini diperkenalkan oleh para pedagang dari Kalimantan yang berdagang ke Surabaya. Karenanya, kue ini juga dikenal dengan sebutan Kue Banjar.

Agar bisa mendapatkan kue ini untuk berbuka puasa, pengunjung rela mengantri, karena penggemarnya yang banyak dan semuanya ingin bisa memakan kue ini sebelum waktu buka tiba. Selain rasanya yang nikmat, harganya yang murah pun menjadi alasan mengapa kue ini sangat populer. Satu potong Kue Talam Ebi ini dihargai Rp5.000 saja.

Makanan lain yang juga banyak dicari oleh warga Surabaya adalah Roti Maryam. Selaian disantap langsung, makanan khas Timur Tengah ini bisa juga dimakan dengan kuah gulai kacang hijau atau Gulai Roti Maryam, atau dengan saos cabai dan cabai rawit.  Gulai kacang hijaunya berisi daging kambing empuk bercampur kacang hijau yang kaya rempah, sangat cocok dan menambah kelezatan roti Maryam.

Sama seperti Kue Talam Ubi, pengunjung yang ingin bisa memakan roti Maryam pun harus rela mengantri agar bisa memakannya sebelum waktu buka puasa tiba. Apalagi makanan ini juga hanya dijual di kawasan Ampel. Untuk harga, satu lembar roti Maryam dibanderol Rp2.500 dan Rp5.000 untuk satu porsi gulai. (raw)

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: