Berbagai Macam Pilihan Stick Drum

Ketika kita memainkan set drum, kita pasti akan membutuhkan stick drum. Bagi seorang terkadang merasa kesulitan menentukan stick drum yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Pada akhirnya, orang tersebut akan memilih stick drum yang terasa nyaman ketika dimainkan tanpa memperhatikan apakah stick drum tersebut sesuai dengan kebutuhannya atau tidak.

Jika kita tidak ingin salah memilih stick drum, kita bisa bertanya kepada pelayan toko untuk menanyakan stick apa yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan kita. Sayangnya, tidak semua pelayan toko benar-benar memahami produk yang dijualnya sehingga mampu untuk mengarahkan kita pada barang yang tepat. Karena itulah, sebelum kita pergi ke toko alat musik untuk membeli stick drum, ada baiknya jika kita mencaritahu terlebih dahulu apa saja jenis stick drum yang tersedia, dan apa saja perbedaan dari masing-masing stick tersebut.

Berikut ini adalah beberapa jenis stick drum yang sering digunakan, dan kegunaannya:

  • Stick Drum Nylon, Kayu

Kedua stick ini terbuat dari kayu, yang membedakan hanya pada bagian kepala stick. Jika Stick drum nylon, maka kepalanya terbuat dari nylon. Suara yang dihasilkan symbal dan nyaring. Sementara, pada stick drum kayu, seluruh bagian stick terbuat dari kayu termasuk juga bagian kepalanya. Stick ini sangat tepat untuk digunakan untuk lagu keras seperti musik rock.

  • Synthetic Drum Stick

Stick drum juga bisa terbuat dari bahan plastik, serat karbon, ataupun bahan logam. Tentu saja, bahan yang digunakan untuk pembuatan stick ini akan sangat mempengaruhi berat stick. Sehingga, jika ingin memilih stick ini harus mencobanya terlebih dahulu.

  • Stick Brush

Stick drum yang memiliki ujung berbentuk seperti brush ini biasanya digunakan untuk memainkan musik aliran jazz. Bahan brush pada stick ini bisa terbuat dari kawat baja ataupun bahan plastik yang lembut.

  • Multi Rods

Stick drum ini terdiri dari kumpulan batang kayu atau plastik berdiameter kecil yang dirangkaikan jadi satu. Stick ini digunakan untuk menghasilkan suara yang tenang, namun bisa juga digunakan untuk musik yang keras.

  • Stick Malet

Kepala stick ini berukuran cukup besar seperti pada pemukulĀ  vibraphone. Ukuran kepalanya bermacam-macam, dan berbentuk bulat. Kepala stick inipun ada yang bertekstur keras, dan ada yang lunak.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: