Berbagai Jenis Alat Kesehatan Disposable

Anda mungkin masih merasa asing dengan istilah alat kesehatan disposable ini. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan berbagai jenis alat kesehatan yang hanya boleh digunakan satu kali, atau bisa dikatakan satu kali pakai. Laboratorium klinik terbaik dan rumah sakit yang sangat memperhatikan kualitas pasti sudah paham benar pentingnya membuang alat kesehatan disposable ini setelah digunakan dan menggunakan yang baru untuk pemeriksaan selanjutnya. Namun ternyata, masih saja ada beberapa pusat pelayanan kesehatan yang mengabaikan

alat kesehatan

alat kesehatan

hal ini karena berbagai alasan.

Untuk itulah, Anda sendiri sebagai pasienlah yang harus paham mengenai alat kesehatan disposable ini. Paling tidak, Anda harus paham berbagai jenis alat kesehatan disposable yang umum digunakan seperti:

  • Jarum suntik

Semua orang pasti pernah disuntik. Setidaknya saat Anda masih bayi Anda pasti pernah kan diimunisasi? Selain untuk keperluan menyuntikkan obat, jarum suntik ini juga digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, seperti pengambilan darah atau untuk infus. Jarum ini akan melakukan kontak langsung dengan darah, sehingga sangat penting untuk dijaga tetap steril. Sebab jika sampai jarum ini digunakan pada orang yang memiliki penyakit menural seperti HIV dan kemudian digunakan pada orang lain yang sehat, tidak menutup kemungkinan virus tersebut menular.

  • Sarung tangan

Mungkin sarung tangan dianggap tidak harus selalu diganti ketika digunakan tidak untuk menangani luka. Akan tetapi, sebenarnya alat kesehatan yang satu ini tetap saja harus diganti saat digunakan untuk menangani satu pasien ke pasien yang lain. Sebab tetap memiliki potensi untuk menularkan penyakit ke pasien lain jika menggunakan sarung tangan yang sama.

  • Selang oksigen

Selang oksigen digunakan untuk mengalirkan oksigen dari alat oksigen ke pasien. Jika digunakan secara berulang, maka berpotensi untuk menularkan penyakit.

  • Selang infus

Selang infus digunakan untuk mengalirkan cairan infus atau obat dari tabung infus ke dalam darah pasien. Penggunaan selang infus berulang bisa menyebabkan cairan obat saling bercampur dan tentunya sangat berbahaya.

Selain keempat alat kesehatan di atas, masih ada banyak alat kesehatan lainnya namun cenderung jarang digunakan secara berulang. Dengan mengetahui berbagai jenis alat kesehatan disposable, setidaknya Anda bisa meminta untuk menggunakan alat yang baru jika Anda melihat bahwa alat yang akan Anda gunakan tidak dalam keadaan baru dan steril. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: