Beragam Manfaat Vitamin E Bagi Rambut

Sebagai mahkota wanita, tentunya rambut membutuhkan perawatan yang rutin agar selalu terlihat indah. Salah satunya adalah dengan menggunakan . Ada banyak jenis vitamin yang bergunan bagi rambut, salah satunya adalah vitamin E. Vitamin E sendiri merupakan senyawa larut lemak yang berfungsi sebagai antioksidan. Selama ini kita telah mengenal vitamin sebagai nutrisi yang baik untuk rambut, namun ternyata vitamin E juga banyak memiliki manfaat bagi rambut.

Berikut ini beberapa manfaat vitamin E bagi kesehatan rambut, di antaranya:

Mencegah tanda penuaan pada rambut (rambut beruban)

Kandungan antioksidan yang tinggi pada vitamin E dapat menjaga jaringan tubuh kita tetap sehat sekaligus memperlambat proses penuaan, yang salah satunya ditandainya dengan memutihnya rambut. Karenanya, dengan mengonsumsi vitamin E secara rutin dapat membantu mencegah munculnya rambut beruban di usia muda.

Memperkuat pertumbuhan rambut

Rambut yang sehat dimulai dari kulit kepala yang sehat. Vitamin E dapat membantu untuk menstimulasi pertumbuhan kapiler di kulit kepala  agar tetap sehat. Sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan sirkulasi yang lancar dan pasokan darah yang cukup untuk rambut ini akan membantu menjaga pertumbuhan dan akar rambut agar tetap sehat dan kuat.

Mencegah efek berbahaya radikal bebas

Antioksidan dalam vitamin E juga membantu meminimalisir efek radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, juga pada rambut. Efek radikal bebas ini misalnya saja rambut beruban serta kerontokan atau kebotakan rambut.

Membuat rambut berkilau

Kandungan vitamin banyak ditemukan pada kondisioner karena mampu membuat rambut yang kusam kembali berkilau. Selain itu, campuran vitamin E dengan minyak seperti minyak zaitun atau minyak kelapa dapat membantu mengembalikan rambut bercabang menjadi sehat kembali.

Banyaknya manfaat vitamin E bagi rambut ini tidak heran membuatnya banyak dijadikan sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, dan suplemen rambut. Selain dari produk perawatan ini, kita juga bisa mendapatkan manfaat vitamin E dari makanan yang kita santap, misalnya saja pada sayur-sayuran hijau (bayam, kangkung), almond, dan buah-buahan yang mengandung vitamin E seperti alpukat dan kiwi.