Beragam Manfaat Excavator

Excavator merupakan salah satu jenis Alat Berat yang paling sering ditemukan diberbagai lokasi. Alat ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu lengan (arm) bahu (boom) serta alat keruk (bucket). Meskipun memiliki fungsi utama sebagai alat untuk menggali, namun excavator terkenal sebagai salah satu alat berat serba guna yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai pekerjaan lainnya. Hampir disetiap lokasi pembangunan, kita akan melihat alat ini. Bahkan, kita bisa melihat alat ini walaupun tidak berada di lokasi pembangungan.

Alat Excavator memiliki beberapa ukuran yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Excavator yang berukuran mini, sering digunakan untuk kebutuhan perkebunan. Sesuai dengan fungsi utamanya sebagai penggali, excavator berukuran mini ini juga digunakan

alat EXCAVATOR

alat EXCAVATOR

untuk penggaliandan pengelolaan lahan. Selain itu, Excavator mini ini juga digunakan untuk pembuatan parit dan pasar pikul (jalan akses) di perkebunan sawit. Meskipun berukuran mini, namun kapasitas yang dimiliki oleh excavator ini juga sangat besar sehingga untuk beberapa negara, Excavator digunakan sebagai alat berat untuk pembuatan jalan raya. Excavator berukuran mini ini akan sangat bermanfaat untuk melakukan pekerjaan dilokasi yang tidak dapat dimasuki oleh excavator berukuran normal.

Alat Excavator yang sering kita lihat termasuk ke dalam excavator berukuran sedang. Excavator ini termasuk yang paling umum digunakan, misalnya saja pada proses pembangunan infrastruktur. Selain digunakan untuk mendukung proses pembangunan, excavator ini juga sering digunakan untuk membantuk evakuasi korban bencana alam yang tertimbun. Misalnya saja seperti pada bencana alam longsor, gempa, dan berbagai bencana lainnya yang menyebabkan korban tertimbun dan sulit di evakuasi tanpa bantuan excavator.

Selain digunakan untuk mengevakuasi korban bencana alam, excavator juga sering digunakan untuk mengangkat lumpur yang mengendap di dasar kali. Apalagi, jika sudah mulai memasuki musim hujan. Lumpur yang mengendap di dasar kali, jika dibiarkan terus akan semakin tebal dan membuat jumlah air yang dapat ditampung menjadi berkurang dan beresiko menyebabkan banjir. Sementara, untuk mengangkat lumpur tersebut akan sangat sulit tanpa bantuan excavator. Karena itulah, ketika hampir memasuki musim hujan kita akan sering melihat keberadaan excavator dibeberapa kali yang dianggap memiliki endapan lumpur cukup tebal. Sementara, untuk excavator yang berukuran besar biasanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan. (Yv)

 

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: