Beragam Fungsi Backhoe Loader

Backhoe Loader merupakan salah satu jenis alat berat yang mudah ditemukan di perusahaan yang  jual alat berat di Indonesia. Backhoe loader sebenarnya memiliki bentuk yang unik, karena terdiri dari 3 alat berat yang digabung menjadi satu, yakni traktor, loader, dan backhoe. Setiap bagian alat ini memiliki fungsi berbeda yang dapat saling membantu untuk menyelesaikan satu pekerjaan. Tidak jarang, operator backhoe loader harus mengoperasikan ketiga alat tersebut sekaligus untuk menyelesaikan satu pekerjaan.

Komponen Traktor

Traktor merupakan bagian utama dari backhoe loader. Traktor pada backhoe loader didesain untuk dapat bergerak dengan mudah di segala kondisi medan. Meski traktor merupakan bagian utamanya, namun backhoe loader tidak masuk dalam kategori traktor. Ini karena tidak

Backhoe Loader

Backhoe Loader

memiliki power take-off (PTO) yang bisa ditemukan pada traktor pada umumnya.

Bagian traktor ada yang dilengkapi dengan kanopi untuk melindungi operator dan ada juga yang tidak. Tempat duduk di bagian traktor ini juga bisa berputar ketika mengoperasikan backhoe atau loader.

Komponen Backhoe

Backhoe dipasang pada bagian belakang  traktor yang berfungsi untuk menggali material/lubang atau mengangkat benda berat seperti besi atau lainnya, dan memindahkannya ke tempat lain atau ke atas alat pengangkut. Ketika bagian backhoe digunakan, operator akan memarkir traktor dan memutar tempat duduknya sehingga menghadap ke bagian backhoe.

Komponen Loader

Loader berbentuk seperti pengki besar yang ditempatkan di bagian depan. Tidak seperti backhoe yang berfungsi untuk menggali, loader berfungsi untuk mengangkut material dalam jumlah besar, meratakan permukaan, serta untuk mendorong tanah. Loader dioperasikan dalam keadaan traktor berjalan.

Dari beberapa fungsi tadi, kita bisa terbayang bagaimana loader backhoe ini bekerja. Komponen traktor berfungsi untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain, dan mengoperasikan loader. Sementara backhoe dan loader menjadi kombinasi yang tepat untuk pekerjaan yang memerlukan penggalian di awal, dan menutup galian tersebut, seperti pada pengerjaan galian kabel.

Karena itulah, loader backhoe ini sering digunakan pada pekerjaan konstruksi tata kota. Ditambah lagi dengan bentuknya yang kecil  membuat alat berat satu ini populer digunakan untuk pekerjaan yang luas, seperti konstruksi, penghancuran gedung dalam skala kecil, memindahkan material, hingga pembuatan jalan. (raw)

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: