Belum ke Kota Tua Kalau Belum Eksplorasi Museum Ini!

Salah satu destinasi wisata di Jakarta yang ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat lokal adalah Kota Tua. Kota Tua merupakan tempat wisata yang berada di Jakarta, yang berisi gedung-gedung tua sisa masa penjajahan di masa lalu. Bagi kamu yang menginap pada sebuah hotel di jakarta, mengunjungi Kota Tua pun pastinya masuk ke dalam opsi wisata. Di sini, kamu bisa mencicipi kuliner, berfoto, sekaligus berwisata sejarah.

Nah, mumpung sudah di Kota Tua, jangan lupa untuk mampir ke museum yang ada di sana. Belum sah ke Kota Tua kalau kamu belum eksplorasi museum-museum ini!

  1. Museum Fatahillah

Mustahil rasanya untuk melewatkan museum ini ketika berwisata ke Kota Tua. Bagaimana tidak, pasalnya museum

museum fatahillah

museum fatahillah

ini berada di pusat wisata Kota Tua, dengan bangunannya yang klasik bercat putih lengkap dengan teralis jendela berwarna hijau tua. Begitu sampai di Kota Tua, kamu pastinya bisa dengan mudah menemukan museum ini. Dengan membayar tiket masuk sekitar Rp5000, kamu bisa memasuki kawasan Museum Fatahillah. Bagian dalamnya cukup luas dan memiliki sejarah yang kaya. Psst, jangan lupa juga untuk berkeliling di pelataran belakang Museum Fatahillah karena di sini terdapat wisata kuliner dan sejarah lain yang kerap terlewat.

  1. Museum Wayang

Tidak jauh dari Museum Fatahillah, kamu akan menemukan Museum Wayang. Sesuai dengan namanya, di museum ini kamu akan menemukan berbagai jenis boneka wayang sekaligus sejarah yang menyertainya. Yang menarik, wayang yang disimpan di Museum Wayang tidak hanya yang berasal dari Indonesia saja melainkan dari berbagai mancanegara. Seru sekali! Konon, di dalam Museum Wayang ini terdapat ribuan koleksi boneka. Tidak heran mengelilinginya butuh waktu sekitar 45 menit. Dan akan lebih lama lagi kalau kamu membaca setiap detail kisah dalam bonekanya!

  1. Museum Seni Rupa dan Keramik

Buat kamu yang senang dengan dunia seni rupa dan juga keramik, silakan mampir ke Museum Seni Rupa dan Keramik. Biaya tiket masuknya pun tidak mahal dan hanya sekitar Rp5000 saja. Di dalamnya, kamu bisa berkeliling dan menikmati benda-benda seni seperti patung, lukisan, dan juga keramik.

  1. Museum Bank Indonesia

Meskipun museum ini berada tak jauh dari tiga museum di atas, akan tetapi Museum Bank Indonesia menjadi museum yang wajib sekali kamu kunjungi. Selain gedungnya yang instagramable, bagian dalam museum ini juga menarik untuk dieksplorasi. Kamu bisa mempelajari sejarah bank di Indonesia, sekaligus cikal bakal Bank Indonesia sebagai pemegang otoritas tertinggi. Menarik!

Nah, ternyata wisata ke Kota Tua tidak hanya seputar kuliner dan foto-foto saja, ya. Banyak pula museum yang berada di sana dan siap untuk dieksplorasi. Selamat berkunjung!

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: