Beli Mobil Bekas? Mengapa Tidak!

Membeli mobil bekas mungkin menjadi pilihan yang tepat jika Anda memiliki dana terbatas namun ingin memiliki sebuah mobil. Harga mobil baru di dealer resmi yang cenderung mahal membuat orang pada akhirnya beralih pada mobil bekas. Sebab ada dana lain yang harus dipikirkan selain harga mobil itu semata. Ada asuransi mobil, modifikasi, hingga uang bensin harian. Apalagi jika Anda masih dalam proses latihan menyetir mobil di jalan umum, menggunakan mobil bekas pun tidaklah masalah.

Nah, jika Anda ingin membeli mobil bekas, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan terhadap hal-hal berikut:

  1. Periksa surat-surat. Kelengkapan surat adalah hal yang utama dan terutama untuk diperiksa ketika hendak membeli kendaraan. Apa saja surat yang harus diperiksa? Di antaranya adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan
    mobil bekas

                                            mobil bekas

    (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Dalam surat ini, tercantum data nomor rangka, nomor mesin dan nomor polisi. Pastikan nomor yang tercatat sama dengan nomor pada bodi mobil.

  2. Kondisi fisik mobil. Mengingat Anda akan membeli mobil bekas, pastikan bodi mobil yang akan dibeli dalam kondisi baik dan juga mulus. Tidak ada lecet, penyok, atau bahkan berkarat. Jangan takut untuk meneliti keseluruhan bodi yang bisa tertangkap oleh mata Anda, sebab meski Ana membeli mobil bekas bukan berarti Anda layak mendapatkan mobil yang sudah tidak berkualitas lagi.
  3. Mesin mobil. Setelah bagian fisik mobil dan juga interior sudah oke, maka selanjutnya merambah ke bagian mesin. Mintalah izin kepada pemilik untuk mencoba menyalakan mobil tersebut. Rasakan suaranya; masih halus, masih bisa dikendarakan atau tidak, dan rem masih pakem. Lihat juga jarak tempuh di odometer yang ada di speedometer. Anda bisa menaksir seberapa jauh mobil ini telah menempuh perjalanan dan juga mengira-ngira bagaimana keadaan mobilnya.
  4. Track record Periksalah berapa kali mobil itu telah masuk bengkel. Anda bisa melihatnya melalui buku catatan servis yang dimiliki pemilik. Namun demikian, jangan terkecoh dengan jumlah kunjungan mobil tersebut ke bengkel. Belum tentu mobil yang sering bolak-balik bengkel merupakan mobil yang sangat rusak. Bisa saja itu kunjungan rutin karena pemiliknya telaten memeriksakan kondisi mobilnya.
  5. Setelah semua hal di atas sudah diperhatikan, kini yang harus masuk ke dalam daftar pertimbangan Anda adalah harganya. Pastikan harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan budget Anda!

Itu dia tips yang bisa Anda terapkan jika ingin membeli mobil bekas. Semoga membantu, ya! (Tr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: