Begini Caranya Agar Saluran Cuci Piring Tidak Tersumbat

Tidak sekali dua kali, kita pasti pernah mengalami satu kondisi di mana saluran cuci piring tersumbat sehingga membuat kita kesulitan saat hendak menggunakannya. Membersihkan saluran cuci piring memang mudah, tetapi rasa jijik saat harus melakukannya membuat kita merasa enggan. Berbeda halnya dengan saluran air yang kotor dan kita tinggal membersihkannya atau menggantinya dengan pipa pvc baru. harga pipa pvc cukup terjangkau sehingga menggantinya bukanlah masalah besar), saluran pembuangan di cuci piring harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan masalah lain.

Lantas, bagaimana caranya agar saluran cuci piring tidak sering tersumbat? Cek caranya berikut ini:

  1. Biasakan untuk membuang sisa makanan ke tempat sampah setelah makanan. Hal ini akan membantu untuk membersihkan piring, jadi ketika hendak dicuci sudah tidak ada sisa makanan yang menempel di piring. Tanpa disadari, jika sisa makanan tidak langsung dibuang ke tempat sampah, makanan tersebut akan terbawa bersama air ketika dicuci dan menumpuk di saluran pembuangan. Akibatnya, saluran pembuangan akan mudah tersumbat.
  2. Jangan anggap remeh kuah makanan. Kita sering beranggapan bahwa mengingat kuah sifatnya cair, maka dibuang saat mencuci piring pun tidak apa-apa. Padahal, kuah makanan biasanya mengandung santan dan juga minyak, jadi ketika dibuang ke saluran pembuangan dan terkena air dingin, maka kuah tersebut bisa menggumpal dan menutup saluran pembuangan. Biasakan untuk membuang kuah di tempat sampah sebelum mulai mencuci piring.
  3. Ketika busa sabun masih menggenang di bak cuci piring, itu artinya saluran pembuangan mulai bermasalah. Ya, selesai mencuci piring, kita tentunya pernah melihat sisa busa sabun masih menggenang di atas bak cuci dan kita memilih untuk mendiamkannya saja sampai air menghilang seluruhnya. Padahal, ini merupakan pertanda bahwa saluran pembuangan mulai bermasalah dan tidak sepenuhnya mengalir. Untuk itu, bersihkan segera salurannya dengan menuangkan air ke dalam saluran untuk membersihkan sisa sabun yang menempel sekaligus mendorong kotoran yang menyumbatnya.
  4. Bilas bak cuci piring dengan air hangat. Setelah selesai mencuci piring, ada baiknya kita membilas permukaan bak dengan menggunakan air hangat. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan sisa minyak yang menempel. Minyak tidak hanya membuat bak cuci terlihat kusam tetapi juga bisa mengundang timbulnya bakteri dan kuman penyebab diare. Tidak perlu takut pipa PVC akan rusak jika kita sering menyiramnya dengan air panas karena pipa ini mampu untuk mengalirkan air hangat sampai batas suhu tertentu. Inilah salah satu alasan mengapa pipa PVC dijadikan saluran air.

Itu dia beberapa hal yang bisa kita lakukan agar saluran cuci piring tidak mudah tersumbat. Sederhana sekali, bukan? Jadi, jangan lupa diterapkan di rumah, ya! Selamat mencoba 😀

Tags: , ,

Leave a Reply