Begini Cara Memilih Oli Mobil yang Bagus

Banyaknya penawaran oli mobil yang belakangan beredar di pasaran, terkadang memang membuat kita sebagai pengendara mobil merasa bingung harus memilih oli berkualitas manakah yang cocok dipergunakan untuk kendaraan kita. Apalagi, harga oli mesin yang ditawarkan pun kini dibarendol dengan harga yang tidak terlalu mahal, tentunya akan semakin membingungkan kita saat menjatuhkan pilihan mau mempergunakan oli yang mana.

Tenang, Anda tidak usah khawatir dengan hal ini, sebab di artikel ini kami akan menjabarkan beberapa tips jitu yang

oli mobil

oli mobil

bisa Anda terapkan ketika membeli maupun memilih oli mobil yang berkualitas. Seperti yang dikutip melalui kompas.com, adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini;

  1. Melihat spesifikasi mesin kendaraan. Sebelum memilih oli mesin untuk mobil, ada baiknya yang pertama Anda lakukan adalah melihat spesifikasi mesin kendaraan yang terdapat di buku manual. Nantinya, di buku manual ini, Anda akan diberi tahu penjelasan mengenai teknologi mesin sekaligus oli manakah yang cocok digunakan untuk mobil Anda. Namun, sedikit informasi, apapun merk oli yang Anda pilih, tapi asalkan spesifikasinya cocok dipakai untuk kendaraan Anda, maka itu tidak dipermasalahkan untuk Anda pilih.
  2. Memerhatikan kekentalan oli. Umumnya, mobil yang kini dibuat oleh pabrikan mobil dilengkapi dengan mesin VVT sekaligus VVTi yang memiliki teknologi mesin cukup canggih. Biasanya, mesin canggih ini minimum harus memakai oli mesin dengan kekentalan sekitar 5/30 maupun 10/40. Untuk itu, penting Anda ingat, saat mencari oli mesin perhatikan yang memiliki kekentalan sekitar 20/50, karena oli ini dianggap memiliki kekentalan yang memang cocok untuk mobil Anda. Tapi, bila ada oli yang memiliki kadar kekentalan lebih tinggi, maka akan lebih baik lagi.
  3. Melihat huruf W yang tertera di belakang kemasan oli. Oli mesin kendaraan biasanya dilengkapi dengan huruf W di bagian belakang, yang mana ini merupakan singkatan dari kata winter. Seperti misalnya, SAE 15W–50, yang berarti untuk kondisi dingin memiliki SAE sekitar 15, sedangkan suhu panas memiliki angka sebesar 50. Suhu yang seperti inilah yang memberikan perlindungan optimal bagi mesin kendaraan, sehingga tidak ada salahnya Anda pilih.
  4. Bolehkah gonta-ganti oli kendaraan dengan merek berbeda? Sebenarnya, Anda tidak dipermasalahkan untuk menggonta-ganti oli mesin kendaraan dengan merek yang berbeda, asalkan merek tersebut memiliki kekentalan yang sama dengan yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Jangan pernah memilih yang tidak sama, sebab tidak menutup kemungkinan malah dapat memunculkan masalah di mobilmu.

Begitulah cara memilih oli mobil yang bagus sekaligus berkualitas untuk kendaraan Anda. Semoga bermanfaat! –SH–

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: