Begini Cara Berinvestasi Reksa Dana Meski Minim Dana

Semua orang termasuk kamu tentu ingin melakukan reksa dana syariah? Yap, gimana nggak, dengan berinvestasi dalam bidang reksa dana ini, maka penginvestasi pun akan memperoleh banyak keuntungan, salah satunya dana yang disimpan akan selalu aman di perusahaan penerima investasi. Kendati demikian, untuk yang memiliki dana terbilang cukup minim, menginvestasikan dalam bentuk reksa dana ini tentu saja merupakan kendala yang teramat besar mengingat uang yang akan diinvestasikan tidak mencukupi untuk berinvestasi. Banyak yang menyarankan untuk berinvestasi pada reksa dana syariah karena nilainya yang cenderung lebih kecil, namun tetap ada kekhawatiran tersendiri dengan banyaknya informasi seputar reksa dana syariah dan konvensional.Entah betul atau tidak, tetap saja hal tersebut membuat kamu berpikir ulang.

Maka dari itu, untuk kamu yang berniat untuk melakukan investasi di bidang reksa dana namun mempunyai dana minim ada baiknya perhatikan dulu beberapa cara berikut ini, yakni di antaranya;

  1. Menyisihkan pendapatan untuk investasi. Memulai investasi dengan kondisi keuangan yang bisa dibilang sangat minim memang sangat susah. Namun, dengan menyisihkan sedikit pendapatan untuk investasi setidaknya sebanyak 20% dari pendapatan, maka kamu pun sudah bisa berinvestasi reksa dana. Seperti contohnya, bila kamu memperoleh gaji dari bekerja sekitar 5juta rupiah, kamu bisa menyisihkan uang gaji tersebut senilai 1juta rupiah untuk investasi yang sisa 4juta bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan selama satu bulan ke depan.
  2. Mencari tahu apa tujuan sebenarnya kamu berinvestasi. Untuk memudahkan kamu saat berinvestasi dalam bentuk reksa dana ini, alangkah baiknya sebelum berinvestasi mencari tahu dulu apa tujuan sebenarnya kamu melakukan investasi di bidang reksa dana. Jika kamu saja tidak mengetahui apa tujuan kamu berinvestasi, tentu saja nantinya kamu tidak akan bersemangat menginvestasikan dana. Akan tetapi, bila kamu sudah memiliki rencana nantinya uang investasi ini kamu gunakan untuk uang sekolah anak, maka bisa dipastikan kamu kian semangat untuk berinvestasi.
  3. Mengetahui manakah produk reksa dana yang sesuai dengan pendapatanmu. Agar nantinya saat pembayaran investasi kamu tidak kewalahan, sebaiknya kamu harus mengetahui manakah produk investasi reksa dana yang sesuai dengan pendapatanmu. Maksudnya, carilah perusahaan penerima investasi yang memberikan penawaran murah kepada pelanggannya. Tapi, penawaran murah bukan berarti yang menipu pelanggannya ya!

Itu sedikit cara yang bisa kamu lakukan saat berinvestasi reksa dana meski dana yang kamu miliki sangat minim. Semoga bermanfaat! –SH–

 

 

Tags: ,

Leave a Reply