Beberapa Penyebab Mobil Terbakar

Belum lama merasakan senangnya memiliki mobil, lalu sekarang harus bersedih karena mobil tersebut habis terbakar. Untunglah mobil sudah dilengkapi dengan produk pelengkap asuransi mobil All Risk yang menanggung kerugian saat mobil terbakar, sehingga kerugian dapat diminimalis. Meskipun begitu, tetap saja hal tersebut terasa menyakitkan.
Memang, masalah mobil terbakar cukup jarang kita temui kecuali saat terjadinya sebuah kecelakaan yang cukup parah. Itulah sebabnya, banyak pemilik mobil yang kurang waspada dan bahkan tidak mengetahui apa saja hal yang dapat berisiko membuat mobil terbakar. Nah, supaya hal ini tidak menimpa kendaraan kesayanganmu, berikut ini akan diinformasikan beberapa hal yang bisa membuat mobilmu terbakar:
Kesalahan penggantian oli mesin
Melakukan penggantian oli mesin memang terkesan mudah, apalagi saat ini banyak tutorial untuk yang dapat membimbingmu dalam

Mobil terbakar

Mobil terbakar

melakukannya. Namun berhati-hatilah, karena kesalah dalam penggantian oli mesin ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran pada mobil. Misalnya saja, ketika kesalahan ini menyebabkan kebocoran sehingga oli terciprat ke bagian mesin lain yang seharusnya tidak boleh, atau saat pengisian oli kembali jumlahnya melebihi takaran yang seharusnya sehingga cairan oli ini tumpah saat mesin sedang bekerja. Selain itu, penggantian oli yang jauh melebihi dari waktu yang seharusnya juga bisa menyebabkan kebakaran. Sebab, oli yang sudah berusia terlalu tua ini bisa membuat daya gesek saat mesin bekerja meningkat, sehingga akan menyebabkan mobil menjadi panas.
• Masalah pada knalpot
Kebocoran yang terdapat pada knalpot dapat membuat mobil mengalami kebocoran, meskipun membutuhkan waktu yang relatif cukup lama. Khususnya jika kebocoran ini melewati bagian bawah tangki bensin yang menyebabkan bensin ikut menguap.
• Korsleting
Korsleting yang terjadi pada mobil bisa terjadi akibat beberapa hal, namun tetap saja berhubungan dengan kabel yang ada pada mesin mobil. Misalnya seperti besar kabel tidak sesuai dengan yang semestinya, terdapat sobekan pada kabel, kabel paralel yang pengikatannya kurang kuat sehingga bertumpuk secara asal pada satu sisi (biasanya terjadi pada kabel aki).
Kebocoran selang bensin
Selang mesin yang mengalami kebocoran ini bisa menjadi sebuah masalah besar. Jika kebocoran menetes hingga ke bawah (ke jalanan) dan terkena percikan api (misalnya puntung rokok yang masih menyala), maka tentunya akan sangat berisiko membuat percikan api membesar dan akhirnya membakar mobil.
• Kesalahan saat modifikasi mesin
Melakukan modifikasi mobil, bukan masalah. Hanya saja, jangan sampai modifikasi pada mesin mobilmu justru membawa petaka. Misalnya saja menyebabkan mobilmu mengalami salah satu masalah yang ada di atas sehingga berisiko menyebabkan mobilmu terbakar.
Semoga dengan mengetahui informasi di atas kamu bisa lebih waspada agar terhindar dari risiko mobil terbakar, ya. (Vita)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: