Beberapa Jenis Kaca untuk Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Menggunakan banyak kaca atau jendela merupakan salah satu trik untuk membuat rumah yang lebih nyaman dan terkesan elegan. Selain itu, banyaknya jendela dalam rumah juga bisa memperlancar sirkulasi udara dan memperbanyak cahaya yang masuk ke dalam rumah sehingga terasa lebih segar. Untuk kusen jendela, biasanya yang paling baik digunakan adalah material uPVC. Sebab Jendela UPVC ini berkualitas, kokoh dan mampu bertahan lama.

Nah, berbeda dengan kusen, ini dia jenis-jenis kaca yang biasanya digunakan untuk jendela atau sekat di dalam rumah.

kaca jendela

kaca jendela

  1. Tempered Glass

Mungkin istilah tempered glass tidak lagi asing bagi Anda karena jenis kaca yang satu ini biasanya juga digunakan sebagai pelindung layar handphone. Memang kaca jenis ini memiliki daya tahan yang sangat kuat. Tempered glass bisa tahan panas hingga 300 derajat celcius dan tahan 3 sampai 5 lebih kuat dari jenis kaca biasa. Umumnya jenis kaca ini digunakan sebagai jendela dan pintu.

  1. Tinted Glass

Tinted glass juga biasa disebut kaca rayban. Ya, seperti yang terdapat di kacamata, kaca ini dilapisi dengan warna yang berasal dari bahan campuran logam. Tinted glass tersedia dengan beberapa warna, mulai dari biru, abu-abu, bahkan hitam. Fungsi warna dari tinted glass ini adalah menghalangi orang di luar untuk melihat ke dalam rumah dan juga meredakan panas matahari hingga 55%.

  1. Iced Glass

Ada juga kaca yang bernama iced glass. Kaca ini memiliki tekstur yang menambah kesan estetik dan berfungsi agar bayangan tidak terlihat jelas. Tekstur kaca dihasilkan dengan mencetak dengan roll tertentu sehingga bisa tampak cantik. Iced glass biasanya digunakan untuk kitchen set, sekat kamar mandi, partisi dan banyak lainnya.

  1. Kaca Cermin

Selain itu terdapat juga kaca cermin yang umum digunakan. Kaca cermin digunakan untuk mengurangi sifat tembus pandang dari sisi luar sehingga kaca ini juga sering disebut dengan kaca one way. Kaca cermin dibuat dengan lapisan oksida logam melalu proses pyrolisis (sc:media.rooang). Kaca ini sangat sesuai untuk kaca jendela di rumah Anda.

Itu dia jenis-jenis kaca yang biasa digunakan di rumah. Nah, setelah menentukan kaca mana yang sesuai untuk rumah Anda, jangan lupa untuk mempelajari cara memasang jendela rumah. Meskipun terlihat tidak penting, namun dengan memahami caranya Anda bisa mengganti jendela rumah sendiri tanpa bergantung pada orang lain ketika terjadi sesuatu pada jendela rumah. (Rima)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: