Bagaimana Cara Mendapat Pinjaman Tunai Secara Legal dan Mudah?

Ada satu momen dalam hidup di mana Anda membutuhkan pinjaman tunai secara cepat untuk membayarkan sesuatu yang penting. Anda pun dilanda kebingungan: tabungan tidak cukup, uang tunai yang dimiliki masih kurang, dan tidak ada aset yang bisa dijual untuk menggantikan kekurangan uang tersebut. Lantas, apa yang harus Anda lakukan? Biasanya orang akan mengajukan pinjaman ke beragam sumber pinjaman uang tunai, seperti bank atau lembaga pinjaman lainnya. Namun kadang, mengajukan pinjaman ke bank pun tidak mungkin, karena dana yang Anda butuhkan tidaklah sebesar itu. Nah, jangan bingung dulu. Ada beberapa cara untuk mendapatkan pinjaman secara legal dan mudah selain di bank, lho. Ini dia beberapa caranya:

  1. Jual barang-barang pribadi yang sudah tidak dibutuhkan. Menjual barang pribadi merupakan cara termudah
    tips hemat

    tips hemat

    untuk mendapatkan uang tunai secara legal dengan mudah. Selain risikonya hampir nol, hal ini pun tidak akan menyulitkan Anda di masa depan. Tentunya, barang yang dijual pun beraneka macam; bisa yang bernilai tinggi atau yang bernilai rendah karena tidak tergolong benda berharga. Apa pun itu, menjual barang pribadi akan menghasilkan dana tunai dengan cara tepat.

  2. Mengajukan pinjaman dari kerabat dekat. Sudah menjual barang-barang pribadi namun dana yang dibutuhkan masih kurang? Anda bisa mengajukan pinjaman pada kerabat dekat. Misalnya kepada keluarga atau kepada saudara terdekat. Cara ini terbilang aman karena keluarga tidak memberikan bunga atau biaya tambahan lain dari pinjaman yang Anda ajukan. Hanya saja, biasanya jangka waktu yang ditetapkan oleh kerabat untuk mengembalikan uang pinjaman tidaklah lama. Tentunya, Anda pun harus mempertimbangkan hal ini sebelum mengajukan pinjaman ke kerabat.
  3. Menggadaikan barang berharga. Punya simpanan emas, motor, atau barang berharga lain? Ingin mendapatkan pinjaman tunai tetapi tidak ingin menjualnya? Anda bisa lho menggadaikan barang-barang tersebut dan mendapatkan uang tunai sebagai gantinya. Nantinya, Anda bisa menebus kembali barang ini ketika kondisi keuangan Anda sudah membaik. Sekarang ini, sistem gadai sudah banyak macamnya. Silakan pilih sendiri sistem yang Anda suka. Psst, jangan lupa untuk menggadaikan barang di mitra yang sudah terpercaya, ya.
  4. Meminjam di koperasi. Cara terakhir yang bisa Anda coba untuk mendapatkan pinjaman tunai adalah dengan mengajukan pinjaman ke koperasi. Jika Anda tergabung dalam sebuah organisasi atau bekerja di perusahaan, tentunya ada badan koperasi yang bisa dimanfaatkan. Koperasi ini fungsinya memang memberikan kemudahan pinjaman bagi para anggotanya. Anda bisa memanfaatkan program ini dan mengajukan pinjaman dana sejumlah yang Anda inginkan. Hanya saja, biasanya koperasi memiliki batasan maksimal pinjaman dan jumlahnya tidak besar.

Itu dia beberapa cara legal dan mudah untuk mendapatkan pinjaman. Selamat mencoba dan semoga membantu, ya!

Tags: , ,

Leave a Reply