Bagaimana Cara Melelehkan Margarin untuk Kue?

Selain menggunakan keju mozarella, untuk menambahkan rasa gurih pada kue, Anda juga bisa menggunakan margarin. Tak hanya membuat kue terasa lebih gurih dan lezat, margarin juga membuat adonan kue terasa lembut serta wangi. Biasanya, sebelum dicampurkan dengan adonan kue lain, margarin terlebih dahulu harus dilelehkan. Bagaimana cara melelehkan margarin ini secara tepat? Cek dalam artikel berikut ini, ya!

  1. Jangan simpan di dalam kulkas. Jika selama ini Anda menyimpan margarin di dalam kulkas, keluarkanlah margarin tersebut dan biarkan melunak di dalam suhu ruang sebelum dilelehkan. Margarin yang lama disimpan dalam pendingin memiliki tekstur keras dan susah dilelehkan. Alhasil, waktu yang dihabiskan untuk menunggu sampai margarin meleleh sempurna cukup lama. Lain halnya jika margarin disimpan dalam suhu ruang. Tinggal menunggu waktu beberapa menit saja sampai leleh semua dan siap digunakan.
  2. Gunakan wajan datar. Disarankan untuk menggunakan wajan datar ketika Anda hendak melelehkan margarin. Pasalnya, wajan datar mampu menghantarkan panas secara merata dan maksimal, jika dibandingkan alat masak lainnya. Dengan demikian, margarin bisa meleleh secara bersamaan dalam waktu singkat.
  3. Lelehkan dengan api kecil. Mungkin Anda berpikir bahwa agar margarin cepat meleleh, maka gunakanlah api besar. Padahal, hal ini salah, lho. Titik didih margarin tergolong rendah, sehingga disarankan untuk menggunakan api kecil. Api besar justru akan membuat margarin cepat hangus dan tak bisa digunakan.
  4. Gunakan spatula untuk mengaduk margarin yang meleleh. Saat margarin mulai meleleh, ambilah spatula berbahan kayu atau karet untuk mengaduknya. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui apakah margarin sudah meleleh seluruhnya atau hanya bagian atasnya saja.
  5. Langsung gunakan. Setelah margarin meleleh seluruhnya, jangan tunda dan langsung gunakan margarinnya. Sebab jika terlalu lama dibiarkan maka kandungan air dan lemak dari margarin tersebut akan terpisah. Jadi, biasakan untuk menyiapkan bahan adonan lain saat melelehkan margarin sehingga Anda bisa langsung mencampurnya begitu lelehan selesai.

Lima hal di atas merupakan cara-cara untuk melelehkan margarin secara tepat. Semoga bermanfaat, ya!

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: