Atasi Masalah Rambut dengan Masker Alami

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting dan harus dijaga keindahan serta kesehatannya. Untuk mendapatkan kedua hal tersebut, kita harus dapat memenuhi seluruh nutrisi diperlukan. Tidak hanya vitamin dari dalam tubuh melalui makanan saja yang di perlukan, tetapi juga harus diseimbangkan dengan pemenuhan nutrisi dan vitamin dari luar yang langsung di aplikasikan pada rambut.

Untuk perawatan rambut dari luar, banyak orang yang memilih untuk melakukan treatment secara rutin perawatandi salon. Bagi beberapa orang yang malas untuk ke salon, mereka akan memilih untuk membeli masker rambut instan yang banyak tersedia dipasaran untuk dipakai sendiri dirumah. Kedua cara ini memang tidak salah untuk dilakukan, tapi yang harus diperhatikan adalah kedua cara ini melibatkan bahan kimia dalam prosesnya. Sementara bagi yang memiliki masalah sensitif terhadap bahan kimia tertentu hal ini tentu akan memberi dampak egatif. Untuk itulah akan lebih baik jika menggunakan masker tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami yang aman bagi penggunanya, dan berikut ini adalah beberapa masker Alami yang dapat digunakan:

  • Rambut Rontok

Masker kelapa sangat sesuai untuk masalah rambut rontok karena mengandung banyak protein, lemak dan mineral yang sangat baik untuk melembabkan rambut, membantu pertumbuhan serta dapat mengurangi rambut patah. Cara membuatnya yaitu peras daging kelapa hingga menghasilkan santan, lalu campurkan dengan sedikit air dan oleskan secara merata pada rambut dari kulit kepala. Tutup rambut dengan shower cup semalaman dan bilas dengan air.

  • Rambut Bercabang

Campurkan sebutir kuning telur dengan 3 sendok minyak zaitun dan satu sendok madu. Oleskan secara merata pada rambut dan tutup dengan shower cup hingga sekitar 90 menit, dan kemudian bilas dengan air.

  • Rambut Berketombe

Campurkan minyak kelapa dalam mangkuk kecil dengan lada hitam, kemudian hangatkan menggunakan microwave dan saring minyak tersebut dengan menggunakan kain yang halus. Pijatkan secara lembut pada bagian kulit kepala dan rambut. Tutup dengan shower cup sekitar setengah jam, dan kemudian bilas rambut hingga bersih.

  • Rambut Kering

Campurkan dua sendok makan minyak, dua sendok makan perasan air lemon dan satu sendok makan madu. Usapkan campuran tersebut pada rambut dari mulai akar rambut hingga merata, kemudian tutup rambut dengan shower cup selama sekitar 90 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

Menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami secara teratur akan membuat rambutmu lebih sehat dan aman digunakan. Namun jangan menggunakan masker ini terlalu sering, tetap berikan jarak waktu penggunaannya, sekitar dua kali dalam satu minggu. Selain itu, gunakan shampo yang tidak mengandung alkohol akan membantu menjaga kesehatan rambut.